Sukses

London Uji Coba Bus Tanpa Sopir di Jalan Raya, seperti Apa?

Liputan6.com, London - Jalan raya Kota London akan disuguhi teknologi mutakhir untuk pertama kalinya. Ibu kota Inggris itu akan mulai dilintasi bus tanpa sopir pada tiga minggu yang akan datang. 

Bus tanpa sopir itu akan mulai melintas di rute bus di Greenwich, London, tiga minggu mendatang. Rencananya, bus-bus mutakhir itu akan mengangkut rata-rata 100 penumpang per hari selama tiga minggu periode uji coba.

Bus tanpa kemudi, pedal rem, dan pedal gas itu memiliki kapasitas penumpang maksimal empat orang dan dirancang oleh firma robotika Inggris, Oxbotica.

Sebagai pengganti alat navigasi konvensional, bus itu akan menggunakan alat navigasi otomatis alternatif berupa program komputer yang dilengkapi lima buah kamera untuk visual dan tiga buah laser untuk kemampuan sensor. Kamera-kamera tersebut memiliki kapasitas jarak pandang sejauh 100 meter. Sementara ketiga laser itu berfungsi sebagai sensor untuk melakukan pengereman darurat. 

"Bus itu dirancang untuk aman dan sedapat mungkin meminimalkan risiko kecelakaan di wilayah ramai oleh pejalan kaki," ujar Graene Smith, Kepala Eksekutif Oxbotica seperti yang dikutip BBC, Rabu, (5/4/2017).

Namun, pengelola tetap akan menempatkan satu manusia di dalam bus sebagai mekanisme keamanan dan keselamatan darurat.  

Oxbotica menjelaskan, pengembangan salah satu teknologi kendaraan otonom ini telah membuka lapangan pekerjaan baru untuk 5 ribu orang. 

Firma robotika itu juga berharap agar bus tanpa sopir itu mampu diterima baik oleh publik London.

"Hanya sedikit orang yang pernah merasakan moda transportasi otonom, kehadiran bus ini dapat dijadikan sebuah pengalaman baru untuk mereka. Kami berharap bus ini mampu diterima publik, baik para pengguna kendaraan umum maupun pribadi. Kami juga akan menerima respons publik tentang bus ini untuk ke depannya," ucap Smith.

Bus itu akan dikomersialisasikan untuk penggunaan publik di London pada 2019. 

"Inovasi ini memiliki potensi untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya dan meningkatkan kemudahan akses bagi penyandang disabilitas untuk menikmati transportasi publik," ujar Menteri Perindustrian Inggris, Nick Hurd. 

Bus tanpa awak yang nantinya akan memutakhirkan sistem transportasi Kota Big Ben itu akan menambah deret perkembangan moda transportasi tanpa sopir di dunia.

Pada tahun yang sama, di Milton Keynes, Inggris, Oxbotica juga mengembangkan mobil pribadi tanpa sopir. Adapun pada Januari 2017, Las Vegas, AS, telah lebih dulu menguji coba bus otonom di jalan raya Kota Judi itu. Pada 2016, Singapura mulai mengoperasikan taksi tanpa sopir sebagai langkah pemutakhiran moda transportasi umumnya.

Artikel Selanjutnya
Polisi Kuak Nama Asli Pelaku Teror London Sebelum Jadi Mualaf
Artikel Selanjutnya
Ditemukan, Jejak Pelaku Teror London di Sebuah Kamar Hotel