Sukses

Serangan Senjata Kimia di Suriah Tewaskan 35 Orang

Pemberontak menuding jet-jet tempur Rusia atau milik pemerintah Suriah membombardir Kota Khan Sheikhoun.

Liputan6.com, Sheikun - Setidaknya 35 orang, termasuk di antaranya sembilan anak, tewas dalam serangan udara yang menggunakan gas beracun. Peristiwa ini terjadi di kota Khan Sheikhun yang dikuasai pemberontak.

Serangan menggunakan gas beracun itu memicu banyak orang tersedak atau pingsan bahkan beberapa mengeluarkan busa dari mulut. Menurut kelompok pemantau Observatorium Suriah untuk HAM yang mengutip sumber-sumber medis, gejala di atas menggambarkan serangan bermuatan gas. Demikian seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (4/4/2017).

Namun kelompok tersebut tidak dapat mengonfirmasi jenis zat yang digunakan. Sementara itu, Damaskus telah berulang kali membantah menggunakan senjata berupa gas beracun.

Pemerintah Suriah atau jet-jet Rusia membombardir kota Khan Sheikhoun pada Selasa pagi waktu setempat. Sejauh ini belum ada komentar dari Damaskus.

Sebelumnya, pada Minggu, jet tempur yang diduga milik Rusia mengebom sebuah rumah sakit di utara Provinsi Idlib. Kelompok penyelamat menyebutkan, serangan tersebut melukai sejumlah orang.

Seorang petugas pertahanan sipil Suriah menerangkan, setidaknya 10 orang terluka ketika serangan menargetkan rumah sakit utama di Maaret al-Numan.

Pertahanan Sipil Suriah sebuah kelompok yang juga dikenal sebagai White Helmets selama ini beroperasi di wilayah yang dikuasai pemberontak.

"Selama seminggu terakhir, Idlib telah menjadi target serangan udara yang tengah berlangsung dan setelah serangan kemarin, salah satu rumah sakit utama hancur dan tidak lagi bisa beroperasi," ucap Majid, anggota White Helmets.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini