Sukses

Mahluk Misterius di Aceh Vs 'Tuyul' di Malaysia, Beda atau Sama?

Liputan6.com, Jakarta - Dua video penampakan makhluk misterius menggegerkan jagat maya. Keberadaannya terekam kamera di Aceh, Indonesia lalu  Malaysia.

Di Bumi Serambi Mekah, sesosok makhluk kecil terekam sedang berlari di wilayah pedalaman. Keberadaannya dijumpai sejumlah petualang. Video penampakan tersebut diunggah pertama kali ke situs berbagi video oleh akun Fredography.

Jika rekaman itu nyata adanya, bukan rekayasa, mahluk kerdil yang muncul di Indonesia diduga merupakan suku Mante yang tinggal di Aceh.

Ciri-ciri suku Mante ada pada tinggi badannya. Rata-rata pria dan wanita Suku Mante tinggi badannya tidak sampai 1 meter.

Sejarawan Aceh, Adli Abdullah dalam tayangan Liputan 6 petang SCTV, Selasa (28/3/2017) menyebut suku Mante diduga kuat merupakan suku tertua di Tanah Rencong.

"Suku ini tidak berbahaya bagi manusia. Mereka (Suku Mante) tidak membahayakan manusia dan tinggal di dalam gua, " Ujar Abdullah.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa juga merespons kabar penampakan diduga anggota suku Mante.

Bu Menteri mengatakan, sulit untuk menemukan dan mendata berapa jumlah suku Mante. Sebab, mereka dikabarkan sering tinggal di gua dan berpindah-pindah.

"Jadi tidak bisa mendeteksi berapa jumlahnya. Ini memang saya menugaskan dinas sosial provinsi untuk menyisir," kata Khofifah.

Saksikan penampakan makhluk diduga Suku Mante di Aceh: 

 

1 dari 2 halaman

Mahluk Kerdil Malaysia Tuyul atau...?

Berbeda dengan dugaan suku Mante, makhluk kerdil di Malaysia sama sekali tidak diketahui seluk beluknya. 

Demikian pula dengan keaslian videonya, belum bisa dipastikan. 

Penampakan makhluk misterius mirip Gollum dalam film Lord of The Rings (Facebook/Wujud (Paranormal Team))

Video yang memperlihatkan makhluk misterius itu diunggah oleh Wujud (Paranormal Team) asal Malaysia. Selain berlari, dalam video berdurasi 1 menit 25 detik dan telah ditonton sebanyak 27 ribu itu, terlihat makhluk tersebut merangkak di bawah mobil.

Netizen menyebut makhluk botak dan tak mengenakan baju itu mirip dengan Gollum, karakter fiksional dalam film Lord of The Rings.

Beberapa di antaranya bahkan menyebut sosok itu mirip dengan manusia kecil di Aceh yang diyakini merupakan anggota Suku Mante--Suku Melayu Tua yang jadi leluhur penduduk di Pulau Sumatera.

"Makhluk ini mirip seperti yang di Indonesia. Ia duduk di area gua. Ia pandai bersembunyi. Makhluk ini mirip dengan kita, hanya kakinya berkebalikan dengan kita. Makhluk kecil," tulis salah satu netizen, Hazmie Faiz Razak.

Sementara itu netizen lain menyebut makhluk misterius itu adalah tuyul. "Tuyul...di manakah kamu," tulis netizen bernama Ray Zukie.

"Pantas saja uang di dalam motorku hilang...ini ulah kau rupanya tuyul," tulis Aliey Teo dalam kolom komentar video.

Meski terdapat berbagai spekulasi soal makhluk tersebut, namun hingga kini kebenarannya belum ada yang dapat dipastikan.

Apakah makhluk misterius di Aceh dan Malaysia serupa, juga belum bisa dipastikan. 

Menurut Anda, makhluk misterius di Aceh dan Malaysia sama atau berbeda?

Artikel Selanjutnya
Misteri Penampakan Cahaya Persegi di Langit China, Pintu Surga?
Artikel Selanjutnya
Makin Seru, Ada Bajak Laut dari Malaka di Saur Sepuh The Series