Sukses

Gedung Tertinggi di Korsel Diresmikan, Diklaim Bisa Lihat Korut

Gedung pencakar langit tertinggi kelima di dunia yang terdapat di Korsel, Lotte World Tower, memiliki ketinggian 554 meter

Liputan6.com, Seoul - Gedung pencakar langit tertinggi kelima di dunia, Lotte World Tower, resmi dibuka. Pembukaan bangunan di Korea Selatan itu, ditandai dengan pertunjukan kembang api nan mewah.

Lotte World Tower yang memiliki 123 lantai dengan tinggi 554 meter tersebut, berlokasi di pinggiran Sungai Han, Seoul. Dengan ketinggian itu, dikabarkan seseorang dapat melihat Korea Utara dari gedungnya.

Dikutip dari Daily Mail, Senin (3/4/2017), gedung dengan puncak menara nan menjulang itu, terinspirasi oleh desain Korea, termasuk keramik tradisional dan kaligrafi.

Arsitek Lotte World Tower, bertujuan membuat gedung agar ramah lingkungan. Hal itu ditunjukkan dengan digunakannya panel surya, turbin angin, dan sistem pemanenan air hujan.

Dilansir Korea JoongAng Daily, dibutuhkan 3.500 pekerja per harinya untuk membangun World Lotte Tower. Total, dibutuhkan hingga 5 juta orang untuk menyelesaikan pembangunan gedung tersebut.

Lotte World Tower (AP)

Gedung yang dibangun sejak 2011 dan selesai pada 2016 itu, di dalamnya terdapat hotel bintang tujuh, observasi kaca yang terletak di ketinggian 500 meter, kafe rooftop, dan sejumlah kantor.

Selain itu, gedung tersebut juga berdekatan dengan Lotte World Mall and Lotte Department Store. Hal itu menjadikannya kompleks perbelanjaan terbesar di Korea Selatan.

Ketinggian World Lotte Tower mengalahkan gedung Taipei 101 di Taiwan dan One World Trade Center di New York.

Berikut daftar 5 gedung tertinggi di dunia:

1. Burj Khalifa, Uni Emirat Arab (828 meter)
2. Shanghai Tower, China (632 meter)
3. Makkah Royal Clock, Saudi Arabia (600 meter)
4. Ping An Finance Centre, China (599 meter)
5. Lotte World Tower, Korea Selatan (554 meter)

Berikut video pesta kembang api dalam peresmian Lotte World Tower:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.