Sukses

Kapal Kargo Milik Korsel Hilang di Samudra Atlantik

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan, sebanyak 22 ABK kapal Korsel yang hilang di Atlantik belum ditemukan.

Liputan6.com, Seoul - Sebuah kapal kargo Korea Selatan, Stellar Daisy, hilang setelah melakukan kontak terakhirnya di Samudra Atlantik bagian selatan, tepatnya sekitar 2.500 km dari pesisir Uruguay.

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, sebanyak 22 Awak Buah Kapal (ABK) belum ditemukan.

Dua orang ABK asal Filipina diselamatkan dari kapal sekoci pada 1 April 2017. Namun kantor berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan bahwa perahu lain yang ditemukan di wilayah tersebut dalam keadaan kosong.

"Sebuah operasi pencarian sedang dilanjutkan untuk menemukan 22 orang lainnya," ujar pejabat Kementerian Korea Selatan di Seoul.

Ia menambahkan, delapan ABK yang hilang berkewarganegaraan Korsel dan 14 lainnya merupakan warga Filipina.

Korea Selatan telah meminta bantuan Brasil dan Uruguay untuk melakukan pencarian dan penyelamatan.

Stellar Daisy merupakan kapal kargo yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan Korsel, Polaris Shipping, yang berasal dari Busan.

Dikutip dari VOA, Minggu (2/4/2017), kapal pengangkut bijih besi yang berlayar dari Brasil menuju China itu, mengirimkan sinyal darurat kepada operator kapal pada 31 Maret 2017.

Sebuah pesan terakhir yang diterima oleh Polaris dari ABK Stellar Daisy menyebut, kapal miring ke sisi sebelah kiri dan peristiwa itu terjadi dengan sangat cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.