Sukses

Kerap Rusak oleh Angin, Bendera India di Perbatasan Dicopot

Tiang bendera setinggi 106 meter di perbatasan Wagah, dimaksudkan agar bisa terlihat hingga Lahore (Pakistan) yang jauhnya 20 km.

Liputan6.com, Wagah - Tiang bendera tertinggi milik India yang berdiri di perbatasan Pakistan, membuat malu para pejabat setempat. Hal itu disebabkan oleh cuaca.

Bendera tiga warna yang dikerek ke atas tiang tertinggi itu kerap rusak oleh angin yang kencang. Dan selama sebulan setelah berdiri, mereka harus mengganti bendera lebih dari empat kali.

Tiang itu didirikan dengan gembar-gembor media, namun pihak otoritas mengatakan kebanggan nasional itu tak berfungsi dan hanya buang duit saja.

Dikutip dari BBC, Kamis (30/3/2017) ada kemungkinan Pakistan akan merasa geli dengan 'kegagalan' itu. Maksud dari berdirinya tiang bendera itu agar lambang nasional India bisa terlihat hingga ke teritori rivalnya itu.

Dalam siaran pers saat peluncuran, dikatakan tiang itu setinggi 106 meter di perbatasan Wagah sehingga bisa terlihat hingga Lahore (Pakistan) yang jauhnya 20 km.

Namun, alih-alih ingin memberi kebanggaan, pemerintah setempat hanya buang-buang uang semata. Karena berdasarkan undang-undang, bendera India yang robek dilarang dikibarkan.

Suresh Mahajan, ketua Amritsar Improvement Trust yang bertugas menjaga bendera mengatakan situasi seperti itu didanggap 'kriminal'.

"Bendera nasional adalah kebanggaan kita dan saya meminta meminta pemerintah untuk memanggil penyelidikan atas masalah (di perbatasan) dan mereka yang bertanggung jawab harus dihukum," katanya kepada BBC Hindi.

Sementara itu, Gurpreet Singh Soni, yang memiliki toko di perbatasan mengatakan, semenjak bendera tak berkibar banyak pengunjung ke kawasan itu kecewa.

Rupanya, perancang tiang itu tidak memperhitungkan angin kencang yang akan dihadapi oleh bendera di Wagah.

Kepala Yayasan Bendera India, KV Singh, mengatakan ia telah menolak rencana itu.

"Kami telah menyarankan untuk mengibarkan bendera kecil untuk menghindari kerusakan sering terjadi tetapi tujuannya adalah untuk memastikan bahwa bendera India terlihat dari Lahore di Pakistan."

Bendera di perbatasan di Wagah itu bukan satu-satunya yang bermasalah. Di selatan kota Hyderabad, tiang bendera setinggi 88 meter yang dipasang di danau berusia 455 tahun Hussainsagar, juga kerap robek karena kencangnya angin.

Selain itu, KV Singh mengatakan bahwa tiang bendera setinggi 63 meter di ibu kota India, New Delhi, telah menyebabkan bendera robek hingga 11 kali pada bulan Mei dan Juni tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.