Sukses

Detik-Detik Sinkhole 3 Meter Nyaris Telan Bus Berisi 21 Orang

Liputan6.com, Nanning - Rekaman yang beredar di dunia maya memperlihatkan detik-detik menegangkan saat sebuah bus di China nyaris tertelan sinkhole.

Menurut media Tiongkok, sinkhole tersebut memiliki lebar tiga meter dan kedalaman dengan ukuran yang sama. Sementara itu, bus yang nyaris celaka tersebut sedang mengangkut 21 penumpang.

Berdasarkan laporan People's Daily Online, insiden itu terjadi di Jinan Road, Nanning, Provinsi Guangxi, pada 24 Maret 2017 siang.

Rekaman lalu lintas memperlihatkan, bus tersebut sedang berjalan di jalurnya dan sempat mengalami guncangan sebelum jalan yang dilewatinya tiba-tiba amblas.

Pecahan kaca ditemukan pada bus pertama. Beruntungnya, tidak ada laporan adanya korban jiwa.

"Ketika bus pertama melewati titik yang akan menjadi sinkhole, saya melihat bus itu berguncang saat bagian bawah kendaraan tersebut menyentuh jalan," ujar saksi mata kejadin itu, Cheng.

"Sinkhole itu hampir menelan bus," imbuh dia.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa (28/3/2017), polisi lalu lintas setempat tiba di tempat kejadian dan menghubungi Dewan Kota Nanning, tim pemerintah kota, dan perusahaan kereta bawah tanah untuk investigasi lebih lanjut.

Polisi mengatakan, ada jalur kereta bawah tanah No.2 di bawah Jinan Road, di mana sinkhole itu ditemukan.

Jalur bus tersebut telah ditutup untuk perbaik dan penyelidikan lebih lanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinkhole di China

Kejadian serupa juga pernah terjadi beberapa kali di China. Pada Maret tahun lalu, sebuah bus yang Melaju dalam kecepatan sedang tiba-tiba terjungkal saat jalan yang dilaluinya jalanan amblas.

Seorang pengemudi dan dua penumpang terjebak di dalam bus selama 40 menit, sebelum regu penyelamat berhasil mengeluarkan mereka.

Pada bulan Mei di tahun yang sama, empat buah mobil tiba-tiba 'tertelan' oleh sinkhole yang memiliki lebar 30 meter. Dalam hitungan detik, keempat kendaraan itu hilang terhisap tanah amblas.

Detik-detik sinkhole seluas 30 meter di China 'telan' 4 mobil (CCTV News).

Sinkhole atau lubang sedalam 3 meter itu terbentuk di jalan utama Kota Ruijin, Provinsi Jiangxi, China.

Tak hanya mobil saja yang menjadi korban, sebuah pohon yang berada di dekatnya juga ikut tersedot ke dalam sinkhole. Sementara mobil berwarna putih yang juga tak jauh dari lubang itu nyaris terhisap.

Sinkhole di Zhengzhou, Provinsi Henan, China. (SCMP)

Beberapa bulan setelahnya, sinkhole besar kembali terjadi China. Lubang tersebut terbentuk pada 3 Agustus 2016, menelan bagian jalan dan pejalan kaki yang lewat di Zhengzhou, Provinsi Henan. Satu orang dilaporkan hilang.

Beijing Youth Daily mengutip saksi melaporkan, setidaknya tiga orang 'tertelan' ke dalam kubangan sepanjang 30 meter dengan lebar 20 meter dan dalam 9 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.