Sukses

Karangan Bunga dari Rapper AS di Kuburan Pablo Escobar Dikecam

Liputan6.com, Medellin - Penyanyi rap asal Amerika Serikat, Wiz Khalifa, menggelar konser di Kota Medellin, Kolombia pada Jumat, 24 Maret 2017. Pertunjukannya sendiri tak masalah. Namun setelahnya, sang rapper mengunggah sejumlah foto yang bikin marah pihak tuan rumah.

Wiz Khalifa mengunggah sejumlah fotonya saat mengunjungi kuburan gembong narkoba Pablo Escobar. Ia meletakkan karangan bunga di dekat nisan penjahat legendaris itu.

Rapper AS Wiz Khalifa letakkan karangan bunga di kuburan Pablo Escobar (Instagram)

Seperti dikutip dari BBC, Selasa (28/3/2017), penyanyi itu juga mengisap lintingan ganja di sana.

Rapper 29 tahun asal Pittsburgh itu dikenal sebagai konsumen produktif ganja.

Sementara, Pablo Escobar dijuluki 'Raja Kokain'. Sebab, dari dirinya 80 persen barang haram itu diselundupkan ke Amerika Serikat.

Ia adalah kriminal paling tajir dalam sejarah, pernah masuk dalam daftar 10 orang terkaya di muka Bumi. Pundi-pundi harta Escobar diperkirakan mencapai US$ 30 miliar pada awal 1990-an.

Namun, untuk mendapatkan kekayaan itu, Escobar meneror Kolombia pada dekade 1980-an dan 1990-an. Ia menyuap, menculik, atau tak segan membunuh mereka yang dianggap menghalangi jalannya.

Karena itulah, Wali Kota  Medellin, Federico Gutierrez, mengatakan Wiz Khalifa harus minta maaf atas tindakannya yang "mengadvokasi kejahatan."

Gutierrez berpendapat, Wiz Khalifa seharusnya meletakkan bunga di makam para korban Escobar.

"Itu menunjukkan, orang tersebut (Wiz Khalifa) tak pernah mengalami penderitaan akibat ulah pengedar narkoba," kata Wali Kota Gutierrez.

Pablo Escobar dan Kartel Medellin-nya bertanggung jawab untuk sekitar 4.000 pembunuhan, termasuk pengeboman sebuah pesawat yang menewaskan 107 orang.

Sudah 23 berlalu sejak kematian gembong narkoba Pablo Escobar, tapi ia masih mewariskan masalah. (Sumber viralismo.com)

Kala itu, Escobar berniat menghabisi  Menteri Dalam Negeri Kolombia César Gaviria Trujillo yang mencalonkan diri jadi presiden.

Selama ini, Kota Medellin berusaha melepaskan diri dari citra sebagai bekas markas kartel sejak Escobar ditembak mati oleh polisi pada tahun 1993.

Foto Wiz Khalifa yang berpose di kuburan Escobar, juga di depan gedung apartemen yang pernah ditinggali gembong narkoba itu, dianggap membangkitkan luka lama.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada komentar dari Wiz Khalifa menanggapi kemarahan yang dipicu tur bertema Escobar yang dilakukannya di Medellin.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini