Sukses

Pelaku Teror London Punya Suara Emas dan Jago Sepak Bola

Beberapa teman pelaku teror London mengungkapkan beberapa fakta mengenai otak serangan yang bermula di Jembatan Westminster, Khalid Masood.

Liputan6.com, London - Beberapa waktu belakangan, nama Khalid Masood terus jadi buah bibir. Aksinya menebar teror di London merupakan alasan kenapa namanya diperbincangkan.

Masood sempat tinggal di London dalam waktu singkat. Menurut pengakuan beberapa koleganya, mereka terkejut pria itu lah yang jadi otak teror di salah satu kota Inggris.

Bukan tanpa alasan kekagetan itu muncul. Sebab, Masood saat masih bersekolah dikenal sebagai anak pintar, terobesesi sepak bola dan tidak tertarik dengan agama.

Lahir dengan nama Adrian Rusel Elms, Masood merupakan seorang mualaf. Ia dilahirkan tepat pada hari Natal 1964 dari rahim Janet Elms.

Di akte kelahiran tidak tertulis nama ayah biologis Masood. Namun, dua tahun setelah melahirkan, Janet menikah dengan Philip Ajao.

Beberapa teman sekolah Masood mengenalnya dengan nama Adrian Ajao atau Black Ade. Di mata sahabat-sahabat kecilnya, dia sosok sangat populer di sekolah dan humoris.

"Ia begitu terkenal, sangat pintar dan jago sepak bola," ucap seorang teman kecilnya, Kenton Till seperti dikutip dari Daily Mail.

"Kami mengenal ia sama sekali tak tertarik dengan agama. Tapi karakternya kuat, begitu bersahabat dan selalu tertawa nyaring," tambah Till.

Till menyebut, saat di sekolah perilaku rasis pernah terjadi terhadap Masood. Pasalnya, Masood merupakan bocah berkulit hitam satu-satunya di sekolah.

"Mungkin dia pernah mengalami perlakuan rasis, tapi itu sangat sedikit ini karena dia mencoba menjadi populer," ucap Till.

Sama seperti Till, eks teman sekelas Masood, Alan Keeble menyebut Masood sangat pintar berolahraga. Bahkan karena begitu ramah, Keeeble mengaku kakaknya pernah didekati Masood.

"Dia tidak pilih-pilih teman, semua orang menerimanya, jadi saya kaget ia melakukan ini," ucap Keeble.

Pengalaman berbeda disampaikan teman Masood yang lain, Tim Burchell. Yang paling dia ingat adalah suara emas pria tersebut ketika menyanyi.

Burchell mengatakan, suara Masood ketika bernyanyi lagu soul mirip dengan penyanyi AS Marvin Gaye.

"Dia punya suara luar biasa, dia betul-betul penyanyi yang hebat," ucap Burchell.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.