Sukses

Indahnya Cahaya Hijau Aurora Memancar di Langit Saat Equinox

Liputan6.com, Dunedin - Para penumpang di sebuah pesawat carter dari Selandia Baru yang disebut "Flights to Lights" menyajikan para penumpangnya pemandangan fantastis. Yakni aurora australis yang amat spektakuler dan indah.

Fotografer di dalam pesawat itu kemudian menerbitkan serangkaian gambar dan video, yang menunjukkan warna hijau cerah 'menari' di atas cakrawala Dunedin, Selandia Baru.

Otago Daily Times yang dikutip dari News.com.au, Jumat (24/3/2017) melaporkan penerbangan tujuh jam itu amat beruntung bisa menikmati efek aurora equinox -- ketika siang hari dan gelap malam berlangsung selama masing-masing 12 jam.

Penerbangan itu meninggalkan Bandara Dunedin sekitar pukul 21.00 menuju selatan sejauh 62 derajat ke Antartika. Lalu kembali pada Jumat dini hari.

Menurut penyelenggara penerbangan sewaan itu, Ian Griffin, jalur penerbangan pesawat NZ1980 pada 23 hingga 24 Maret 2017 itu diatur berzigzag melintasi garis rute internasional sebanyak empat kali. Hal itu dilakukan agar orang-orang di kedua sisi kapal terbang bisa mendapatkan pandangan yang baik untuk menikmati Aurora Australis tersebut.

Berikut cuplikan singkat pemandangan fantastis di cakrawala Selandia Baru itu:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.