Sukses

Gempa 6 SR Guncang Solomon, Tak Ada Potensi Tsunami

Liputan6.com, Solomon - Gempa berkekuatan 6 skala Richter (SR) menghantam lepas Kepulauan Solomon pada Senin dini hari. Demikian disampaikan US Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi AS.

"Gempa itu terjadi pada pukul 02.43 waktu setempat (23:43 waktu Singapura, Minggu) pada kedalaman 4 kilometer. Sekitar 170 kilometer sebelah timur laut ibu kota Honiara," kata USGS seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (20/3/2017).

Sejauh ini tak ada peringatan tsunami dikeluarkan akibat gempa Solomon tersebut.

Kepulauan Solomon merupakan bagian dari Pacific "Ring of Fire", zona aktivitas tektonik yang kerap menimbulkan gempa dan letusan gunung berapi.

Sebelumnya pada akhir Januari lalu, gempa 7,9 SR mengguncang Kepulauan Solomon, pada pukul 11.30 WIB. Lindu tersebut tidak berdampak tsunami di Indonesia.

Sementara itu, gelombang yang berpotensi bahaya mengarah ke sejumlah pantai din wilayah Pasifik Selatan, pasca-gempa 7,8 skala Richter yang mengguncang dekat Kepulauan Solomon Jumat 9 Desember 2016 dini hari.

"Berdasarkan semua data yang tersedia, tsunami berpotensi menghantam sejumlah pantai," demikian peringatan yang dikeluarkan Pacific Tsunami Warning Center seperti dikutip dari CNN 9 Desember 2016.

Lindu melanda di titik kurang dari 30 meter dari Pulau Makira, 70 km tenggara kota Kirakira yang ada di sana pada pukul 04.38 waktu setempat, demikian menurut USGS.

Pada tahun 2007, sebuah gempa 8 SR di Kepulauan Solomon menelan 52 nyawa dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal ketika disertai tsunami 10 meter.

Artikel Selanjutnya
Gempa 5,6 SR Goyang Kampung Halaman SBY
Artikel Selanjutnya
Gempa 5,4 SR Getarkan Kepulauan Mentawai