Sukses

Ini 3 Tempat Persembunyian Bos ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi?

Liputan6.com, Baghdad - ISIS mengklaim dua kota sebagai pusat kekuasaannya, Mosul di Irak dan Raqqa di Suriah. 

Belakangan, operasi pembebasan Mosul yang dilakukan pasukan Irak yang didukung koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat diintensifikan. Separuh kota itu telah direbut. Benteng terakhir ISIS di Negeri Seribu Satu Malam nyaris runtuh. 

Tak hanya sebagai ibukota, Mosul juga memiliki arti penting, yakni menjadi tempat tinggal pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. 

Serangan tiap hari terus dilakukan, yang menargetkan militan ISIS. Tetapi, nasib pria yang masuk daftar hitam terorisme internasional itu samar.

Beberapa pihak mengatakan, Baghdadi menderita cedera parah saat berada di daerah Qaim. Namun, tempat tinggalnya hingga sekarang masih jadi misteri.

Salah satu media Timur Tengah al-Araby menyebut, dari keterangan seorang sumber yang terpercaya, Baghdadi berpisah dengan keluarganya. Ia tengah dalam pelarian dari daerah pantai, menuju pegunungan, melewati sejumlah gurun.

Tidak diberikan rincian pantai atau pegunungan mana yang menjadi asal dan tempat tujuan Baghdadi. Hanya saja, pemimpin ISIS tersebut selalu dikelilingi oleh para pengikut dan pengawal setianya.

Baghdadi pun menurut sumber tersebut, sering terlihat di tempat umum termasuk menghadiri karnaval padang pasir dengan menggunakan mobil biasa dan tanpa senjata.

Penegak keamanan Irak yakin, meski berada dalam pelarian, Baghdadi setidaknya mengunjungi Mosul tiga kali. Namun, setiap jam ia selalu berpindah tempat.

Memang tidak pernah terungkap secara pasti di mana ia bersembunyi. Walau begitu, ada sekira 3 padang pasir yang disinyalir kuat jadi tempat singgah Baghdadi, sang bos ISIS.

 

1 dari 2 halaman

3 Gurun Tempat Bos ISIS Bersembunyi

Gurun Pasir Niniwe

Sejak kabur dari Mosul, diduga kuat gurun pasir Niniwe adalah tempat di mana Baghdadi bersembunyi pertama kali.

Padang pasir ini luasnya cukup besar. Terletak di sebelah barat Suriah dan sangat dekat dengan kota Raqqa yang juga pernah dikuasai ISIS.

Gurun Pasir Anbar

Ini adalah tempat kedua Baghdadi bersembunyi. Sama seperti Niniwe tempat ini luar biasa besar dan luas.

Anbar membentang luas dari wilayah Al-Qaim sampai perbatasan Yordania.

Gurun ini dekat dengan padang pasor Nukhyab yang juga berada di perbatasan Yordania.

Gurun Pasir Barat Mosul

Tempat ini terindikasi sebagai wilayah persembunyian terakhir Baghdadi atau yang ketiga setelah kabur dari Mosul.

Padang Pasir Barat Mosuln terbentang dari Salaheddine sampai Matibjah. Wilayah itu berada di antara Provinsi Salaheddine dan Diyala.

Artikel Selanjutnya
Rebut Tal Afar dari ISIS, Irak Lancarkan Serangan Darat
Artikel Selanjutnya
VIDEO: Tim Forensik Irak Menggali Kuburan Massal Korban ISIS