Sukses

California Siapkan Jalan untuk Mobil 'Hantu'

Liputan6.com, California - Berdasarkan proposal peraturan California, mobil-mobil tanpa setir, pedal dan tidak ada orang di dalamnya, bisa meluncur sendiri di jalan-jalan di negara bagian itu menjelang akhir tahun. Hal itu diyakini akan menjadi pendorong kuat bagi teknologi yang berkembang pesat.

Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan teknologi dan pembuat mobil sudah menguji prototipe mobil yang swakemudi (mengemudikan sendiri) di lingkungan perumahan dan di jalan bebas hambatan. Namun, pihak berwenang berkeras agar kendaraan-kendaraan itu dilengkapi setir, pedal dan manusia sebagai pengemudi cadangan yang bisa mengambil alih dalam situasi darurat.

Jumat 9 Maret, seperti dikutip dari VOA News Sabtu (18/3/2017), Departemen Kendaraan Bermotor California mengusulkan peraturan yang akan membuka jalan bagi mobil yang benar-benar tanpa pengemudi.

Berdasarkan peraturan itu, uji kendaraan-kendaraan semacam itu di jalan raya bisa dimulai menjelang akhir 2017. Sejumlah kecil kendaraan itu bisa dijual awal 2018 jika pemerintah federal memberi izin.

Standar kendaraan saat ini mewajibkan setir, meskipun Departemen Transportasi Amerika mendukung teknologi mobil tanpa pengemudi dan menyambut proyek contoh yang sesungguhnya.

Meskipun hanya sedikit negara bagian lain yang menyambut baik uji coba tersebut, proposal peraturan itu merupakan langkah maju yang penting mengingat California sebagai negara bagian yang paling padat penduduknya. Negara yang membanggakan diri sebagai pasar mobil terbesar di Amerika dan peran lamanya sebagai pencita tren budaya.

Artikel Selanjutnya
Viral, Aksi 2 Mobil Berebut Masuk di Pintu Tol Bikin Heboh