Sukses

Menlu Dorong Pembayaran Gaji TKI di Malaysia Non-Tunai

Menlu menyampaikan agar pembayaran gaji TKI dilakukan non-tunai agar lebih memudahkan pembayaran.

Liputan6.com, Jakarta Dalam blusukannya ke Malaysia, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan TKI di dan pengurus manajemen perkebunan kelapa sawit di Johor Bahru.

Sejumlah hal disampaikan dalam pertemuan tersebut. Termasuk agar pihak manajemen yang mempekerjakan TKI menjajaki pembayaran gaji non-tunai.

"Hal ini untuk lebih memudahkan dan memberikan keamanan bagi para TKI," sebut Retno seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Jumat (17/3/2017).

Di samping mendorong pembayaran gaji non-tunai, mantan Duta Besar RI untuk Belanda kepada pihak manajemen pemilik lahan kelapa sawit, menekankan betapa pentingnya ditegakannya perlindungan maksimal bagi seluruh TKI.

Lawatan Menlu ke Johor Bahru merupakan bagian dari rangkaian kunjungan ke Malaysia.

Turnya kali ini ditujukan untuk memastikan agenda perlindungan WNI di Malaysia berjalan lancar.

Sebelum bertemu para TKI, Retno bertemu  Menteri Besar Penang, Tun Dato' Haji Abdul Rahman.  Dalam pertemuan itu, ia juga menitipkan pesan perlindungan WNI.

Penang dan Johor Bahru merupakan dua negara bagian Malaysua tempat konsentrasi jumlah WNI yang cukup besar. Setidaknya terdapat sekitar 80 ribu WNI di Penang dan 347 ribu WNI di Johor Bahru.

Sebagian besar warga negara Indonesia yang bekerja di Malaysia berada di sektor perkebunan kelapa sawit dan industri manufaktur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.