Sukses

Foto yang Ungkap Sisi Manusiawi Hitler Terjual Rp 547 Juta

Album foto dan fotografer yang mengambil gambar Hitler itu diduga orang dekat dan gambar- gambar tersebut tidak untuk konsumsi publik.

Liputan6.com, London - Sejumlah foto candid Adolf Hitler yang ditemukan di bunker istri simpanannya terjual Rp 547 juta dalam sebuah lelang.

Pembelinya tak ingin disebutkan namanya. Foto-foto Hitler itu memperlihatkan sisi lain dari pria yang kerap disandingkan dengan iblis. Demikian seperti dikutip dari CNN, Jumat (17/3/2017).

Di satu foto, Hitler terlihat duduk nyaman di beranda vilanya di selatan Jerman, membaca sebuah dokumen.

Foto lainnya, ia terlihat berpose tersenyum dengan beberapa anak kecil.

"Sangat sedikit artefak penting yang dibebaskan dari Fuhrer Bunker pada tahun 1945 ditemukan pasar terbuka, " kata rumah lelang Royal Turnbridge di Inggris dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari New York Times

Matthew Tredwen, pemilik rumah lelang itu  mengatakan dalam sebuah wawancara telepon bahwa tidak jelas siapa yang mengambil foto-foto, tapi boleh dikatakan fotografernya dekat dengan Hitler, dan pejabat tinggi lainnya di Partai Nazi termasuk Joseph Goebbels, Hermann Göring, dan Heinrich Himmler.

"Foto-foto pastinya diambil oleh seseorang yang sangat dekat," kata Mr Tredwen. "Semua foto-foto Adolf Hitler dikendalikan karena jelas mereka tidak ingin foto-foto yang keluar membuatnya terlihat buruk. Album foto Hitler ini jelas bukan untuk konsumsi umum," lanjutnya.

Tidak ada tanda tangan pemilik album atau identitas fotografer, kata Trewden lagi.

Dia menggambarkan penawaran foto itu "sangat kompetitif," dengan penawar telepon dari Inggris dan Amerika Serikat, serta online dari Jerman, China, Afrika Selatan dan negara-negara lainnya.

Trewden yang juga spesialis benda-benda bersejarah militer mengatakan pembeli memorabilia Nazi kebanyakan adalah ahli sejarah.

Foto-foto ditemukan dalam sebuah album oleh seorang fotografer pada 1945. Ia melihat seorang tentara Rusia mengambil album itu dari laci tempat tidur Eva Braun, sesaat setelah Hitler dan Eva bunuh diri. Fotografer itu sempat ragu akan keasliannya.

Eva Braun dan Adolf Hilter menikah pada 29 April 1945 dan bunuh diri bersama keesokan harinya. Sebelum kematian tragisnya, Eva adalah fotografer dan asisten pribadi tukang foto Hitler.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.