Sukses

Hasyim Muzadi Siarkan Islam Rahmatan Lil Alamin ke Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Wafatnya K.H. Hasyim Muzadi meninggalkan duka mendalam bagi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Ia menyatakan, mantan Ketua PBNU ini, punya jasa besar bagi dunia internasional.

"Atas nama jajaran Kementerian Luar Negeri mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya K.H. Dr. Ahmad Hasyim Muzadi," sebut Retno seperti dikutip dari kemlu.go.id.

"Semoga Allah SWT menjadikan akhir yang husnul khotimah bagi Almarhum, menerima amal ibadahnya, dan melimpahkan tempat yang mulia di sisi-Nya, serta memberikan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan," sambung Retno.

Jasa Hasyim di dunia internasional menguat kala almarhum menjadi pengagas International Conference of Islamic Scholars (ICIS).

Untuk mengagas ICIS, Hasyim tidak bekerja sendirian. Dirinya menggandeng Kementerian Luar Negeri demi menyukseskan acara tersebut.

Kemlu pun menyatakan begitu gembira bisa bekerjasama dengan Hasyim. Sebab, Hasyim merupakan mitra dalam menyiarkan Islam Rahmatan Lil Alamin melalui Interfaith Dialogue RI dengan kalangan lintas agama dari berbagai negara.

ICIS yang dicetuskan pada tahun 2002 merupakan forum bagi para cendikiawan Muslim Dunia berdiskusi mencari solusi atas berbagai pemasalahan umat.

Pada ICIS ke-4, di Malang pada tanggal 23-25 November 2015, yang diselenggarakan bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri, almarhum selaku Sekjen ICIS menyampaikan peran penting ICIS sebagai wadah second track diplomacy.

Dalam kesempatan itu, almarhum menyerukan agar ajaran Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin harus diterapkan secara benar dan utuh.

Artikel Selanjutnya
Bahas Masjid Al-Aqsa, Menlu RI Undang Perwakilan Negara OKI
Artikel Selanjutnya
Ribuan Anggota Pramuka Dengarkan Pidato Donald Trump di Virginia