Sukses

10 Aksi Pahlawan Penyelamat Nyawa yang Dramatis

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah cuaca yang tidak menentu, hal-hal yang lazim dilakukan dengan aman bisa berubah menjadi pengalaman yang berbahaya atau bahkan bencana.

Cuaca yang hangat tidak sesuai musim bisa saja melelehkan es di permukaan danau yang biasanya menjadi tempat main anak-anak.

Di tengah bencana seperti itu, masih ada orang atau sekelompok orang yang sejenak berhenti memikirkan diri dan mengambil risiko untuk membantu orang lain.

Dikutip dari Oddee pada Kamis (16/3/2017), berikut ini adalah kisah penyelamatan yang dramatis:

1 dari 11 halaman

1. Lelehan Es Permukaan Danau

(Sumber WABC New York)

Pada Februari 2017, dalam suatu hari yang terlalu hangat untuk musim dingin di New York, ada 7 orang anak yang tenggelam saat berjalan di atas lapisan es di atas danau dalam Central Park, New York, Amerika Serikat.

Ketika petugas pemadam kebakaran FDNY tiba di taman, sebanyak 7 anak berusia antara 10 hingga belasan tahun telah diselamatkan oleh dua orang lewat yang bukan kerabat mereka, Bennett Jonas dan Ethan Turmbull.

Dua orang itu sedang melakukan skating dekat tempat kejadian ketika melihat anak-anak itu mendadak tenggelam dalam danau saat menari di atas lapisan tipis es di permukaan danau.

Jonas menyelam ke dalam air sementara Turmbull berdiri menunggu untuk meraih anak-anak itu keluar. Pihak layanan kedaruratan, EMS, kemudian tiba di tempat dan membawa anak-anak itu ke rumah sakit setempat untuk perawatan hipotermia.

2 dari 11 halaman

2. Melawan Cuaca Buruk di Dermaga

(Sumber oddee.com)

Seorang pria tak dikenal yang tidak mendengar peringatan dari dinas cuaca, National Weather Service (NWS), tentang ombak besar di Teluk Humboldt dekat Eureka, California, mengemudikan truknya ke dermaga North Jetty pada Januari 2017.

Pengendara dan mobilnya langsung terjebak, kemudian dihajar ombak besar.

Pasangan sedang membawa anjing mereka berjalan-jalan dan melihat kejadian itu. Mereka kemudian memanggil nomor layanan darurat 911. Akhirnya, tidak ada yang cedera walaupun mobil tersebut tetap terjebak.

Tapi, pengemudi itu ditimpakan kewajiban penggantian upaya penyelamatannya, dalam kisaran US$ 8 hingga 15 ribu.

3 dari 11 halaman

3. Membantu Polisi Melawan Tersangka

(Sumber WAFB 9)

Vickie Williams-Tillman (56), seorang wanita warga Baton Rogue, negara bagian Louisiana, disebut sebagai pahlawan setelah menolong seorang polisi yang berkelahi dengan seorang tersangka pelaku kejahatan.

Wanita itu melompat menerjang tersangka dari belakang sehingga polisi berhasil meringkus.

Saat kejadian di suatu Minggu pagi, Williams-Tillman sedang mengemudi ke toko dan melihat polisi bernama Billy Aime sedang bergumul dengan tersangka pidana narkoba yang telah berhasil merampas tongkat polisi dan memukuli kepala petugas.

Ucapan terima kasih kepolisian yang diunggah melalui laman resmi di Facebook menjadi viral dengan 7.000 like dan dibagikan 2.100 kali.

4 dari 11 halaman

4. Sahabat Penolong

(Sumber oddee.com)

Peseluncur papan salju bernama Mac Jacobson terkubur di bawah timbunan salju selama 10 menit.

Peseluncur kawakan yang telah aktif 12 tahun itu sedang menuruni Squaw Valley, California, tapi terjatuh dari tebing setinggi 10 meter ke  timbunan salju tebal.

Temannya, Stephen Boyd, hanya bisa melihat papan salju dengan kaki-kaki masih terpasang. Akhirnya Boyd berhasil menyelamatkan temannya.

5 dari 11 halaman

5. Wanita Yang Lengket di Kursi

(Sumber oddee.com)

Barbara Foster seorang warga Ohio pernah sempat "lengket" ke kursi karena terduduk di atasnya selama beberapa bulan. Bahkan tulang-tulangnya sudah sampai rengat ketika diangkat.

Seorang sukarelawan dari kelompok Our Lady of Lourdes memanggil nomor darurat 911 karena Foster mulai linglung, tapi kemudian menjelaskan kepada polisi bahwa ia terduduk di kuris sejak bulan Juli.

Ketika ditemukan oleh tim penyelamat, wanita berusia 75 tahun itu dikelilingi oleh tinja dan urinenya sendiri. Tapi ia mengaku sudah menjadi terbiasa dengan bau menyengat di sekitarnya.

6 dari 11 halaman

6. Mengorbankan Mobil Sendiri

(Sumber oddee.com)

Manfred S. Kick, seorang pemilik mobil Tesla Model S, sedang mengemudi di A9 Autobahn dekat Garching di utara Munich, Jerman. Di jalan, ia melihat mobil lain dikemudikan sembarangan. Ternyata pengemudinya tidak sadarkan diri dan tidak bisa mengendalikan kendaraan.

Kick mendahului mobil Volkswagen Passat itu dan perlahan-lahan mengurangi kecepatan hingga mobil mereka bersentuhan. Ia kemudian memelankan kendaraan hingga mereka berhenti, lalu memanggil layanan kedaruratan.

Pengemudi Passat itu kemudian segera dibawa ke rumah sakit dan dilaporkan telah stabil. Mobil Kick mengalami kerusakan senilai US$ 14 ribu, tapi ia kemudian mendapat perbaikan gratis dari Elon Musk, CEO perusahaan Tesla, karena kepahlawanannya.

7 dari 11 halaman

7. Penyelamatan 100 Anak Anjing

(Sumber oddee.com)

Pada Januari 2017, sebuah truk yang mengangkut 100 anak anjing terguling di Interstate 86 dekat kawasan Finger Lakes, negara bagian New York.

Petugas, sukarelawan, dan sebuah perusahaan derek dengan cepat bertindak memberikan pertolongan. Sementara itu, Finger Lakes SPCA, kelompok pengayom binatang, membantu memulihkan dan merawat anak-anak anjing yang, untungnya, selamat.

8 dari 11 halaman

8. Tercebur dalam Lubang Sinkhole

(Sumber oddee.com)

Hujan musim dingin 2017 di California bukan main-main. Pada Ferbruari lalu, seorang wanita bahkan harus diselamatkan dari sinkhole (lubang runtuhan) yang mendadak muncul di jalan kota Studio City.

Sekitar jam 8 malam, ban belakang van yang dikemudikan Bobby Thomson terjebak dalam sinkhole di Woodbridge Street, tapi tidak sampai tenggelam dalam lubang.

Sesaat kemudian, Stephanie Scott mendekati lubang yang sama dan amblas juga.

Petugas berhasil menyelamatkan Scott yang mobilnya sampai kandas di dasar lubang dalam keadaan terbalik. Air mulai menggenang.

Setelah diselamatkan, van milik Thomson pun ikut jatuh menimpa mobil wanita tadi. Nyaris.

9 dari 11 halaman

9. Atlet Penolong di Ketinggian

(Sumber oddee.com)

Seorang pria tergantung tak sadarkan diri di kursi lift Arapahoe Basin diselamatkan oleh pemanjat tali profesional yang memanjat menara lift dan merambat 10 meter di atas tali guna membebaskan korban.

Menurut pihak resor, korban itu sedang berusaha turun dari kursi lift 3 orang tapi tas punggungnya tersangkut di kursi. Ia kemudian bergelantungan di kursi dan terbawa ke roda pemutar tali, lalu kembali menuju ke pegunungan. Saat itu, operator mematikan sistem.

Mickey Wilson, seorang pelatih ski paruh waktu sekaligus pemanjat tali profesional memanjat kursi lift dan dalam 4,5 menit meraih korban yang tidak sadarkan diri.

Petugas patroli ski melemparkan pisau untuk membantu melepas korban. Korban kemudian terjatuh 3 hingga 4,5 meter ke timbunan salju lembut.

10 dari 11 halaman

10. Wartawan Penolong Anak Kelinci

(Sumber oddee.com)

Bahkan mahluk lemah pun tidak luput dari pertolongan darurat. Pada Februari 2017, awak media bernama Jeff Ehling dan jurnalis foto bernama Mario Segura mampir ke jalan Highway 290 di Dallas untuk siaran langsung. Hujan pun turun.

Ketika berberes-beres, Jeff melihat seekor bayi kelinci terjebak dalam lumpur dan tidak bisa menuju ke tepi jalan, padahal lalu lintas berbahaya baginya.

Jeff segera mengambil handuk dan kotak dari truk siaran dan membantu mengeringkan anak kelinci itu. Setelah hujan reda, anak kelinci itu dikembalikan ke alam liar.

Artikel Selanjutnya
Nahas, Wanita Jatuh dari 1 Jembatan Tertinggi AS Saat Selfie
Artikel Selanjutnya
Nyaris Mati, 8 Orang Ini Selamat dari Malapetaka Aneh