Sukses

Longsor Salju Landa Pegunungan Alpen, 4 Pendaki Tewas

Longsoran salju itu terjadi di Gunung Jochgrubenkopf yang memiliki ketinggian 2.450 meter.

Liputan6.com, Wina - Empat pendaki gunung dilaporkan tewas akibat longsor salju di Pegunungan Alpen Austria. Korban merupakan bagian dari kelompok tur ski berjumlah delapan orang, ketika longsoran salju melanda pada Rabu 15 Maret 2017 pukul 12.30 waktu setempat.

"Empat orang dalam kelompok berhasil membebaskan diri dari timbunan salju dan melapor ke kru penyelamat untuk waspada terhadap longsor susulan," demikian dilaporkan The Austria Press Agency mengutip polisi yang dilansir dari News.com.au, Kamis (16/3/2017).

Longsor salju itu terjadi di Gunung Jochgrubenkopf yang memiliki ketinggian 2.450 meter arah tenggara Innsbruck. Timbunannya berukuran sekitar 700 meter dengan kedalaman salju mencapai 12 meter.

"Empat orang dari kelompok selamat sudah diselamatkan dengan helikopter. Tiga jenasah telah ditemukan," ujar Sabine Reinthaler, juru bicara di Tyrol kepada AFP yang dikutip dari Daily Mail.

"Seorang lainnya ditemukan di bawah timbunan salju dan dievakuasi keluar," imbuh Reinthaler seraya menambahkan bahwa tak diketahui pasti apakah orang keempat ini terkubur hidup-hidup dalam salju setebal 12 meter.

Sejauh ini kewarganegaraan pemain keempat ski yang menjadi korban tewas di Austria itu belum diungkap oleh polisi.

Menurut Austrian Alpine safety board, sebanyak 267 orang tewas di Pegunungan Alpen Austria tahun 2016 lalu. Jumlah tersebut turun dari rata-rata 297 selama 10 tahun terakhir, termasuk 17 korban akibat longsoran salju.

Berita ini muncul setelah polisi Kanada melaporkan ada 2 orang yang dikawatirkan tewas akibat longsor salju di dekat Lake Louise di Taman Nasional Banff, Kanada.

Polisi Royal Canadian Mounted mengatakan dua orang dari Boston, AS yang diduga kuat tewas itu tidak check out dari hotel mereka di resor Alberta, Kanada pada Selasa 14 Maret. Kendaraan mereka ditemukan di dekat Icefields Parkway.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.