Sukses

Badai Salju Tunda Pertemuan Kanselir Jerman dan Donald Trump

Kanselir Jerman Angela Merkel terpaksa menunda lawatan ke AS karena badai salju yang menerjang beberapa wilayah di AS.

Liputan6.com, Berlin Kanselir Jerman Angela Merkel menyebut dirinya siap terbang ke Washington untuk bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Namun, rencananya urung dilakukan.

"Perjalanan ini ditunda dan ini bukan candaan," sebut Merkel seperti dikutip dari Reuters.

Merkel menyebut penundaan ini disebabkan cuaca buruk yang memicu badai salju terjadi di AS. Karenanya, penerbangannya ke Washington harus ditunda sementara waktu.

Badai salju terjadi di wilayah Timur Laut AS beberapa waktu belakangan. Akibatnya, sejumlah sekolah ditutup.

Terkait penundaan ini pihak Gedung Putih menyatakan penjadwalan ulang pertemuan akan dilangsungkan pada Jumat, 17 Maret 2017 mendatang. 

Kunjungan Merkel ke AS menjadi lawatan yang cukup besar. Sebab, dirinya membawa sejumlah pemimpin perusahaan besar di Jerman seperti Siemens dan BMW.

Bukan pertama kali Merkel menunda lawatan karena alasan cuaca. Pada 2010 kunjungan ke Negeri Paman Sam harus ditunda akibat letusan gunung merapi di Islandia.

Pada 2012 nasib serupa menimpanya, setelah menyelesaikan lawatan ke Prancis, saat terbang ke Jerman pesawatnya terpaksa kembali ke Paris. Burung besi kenegaraan Jerman tersebut tersambar petir dan kembali ke Paris untuk perbaikan.

Namun, kejadian tersebut menjadi titik balik untuk mencairkan hubungan antara Prancis dan Jerman yang sempat membuka karena perbedaan pandangan politik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.