Sukses

7 Minggu Jadi Presiden, Donald Trump Langgar Janji Tak Main Golf

Selama masa kampanye, Trump pernah berjanji ia tak akan bermain golf kalau ia terpilih jadi presiden, karena ia akan bakal terlalu sibuk.

Liputan6.com, Washington, DC - Saat masa kampanye, Donald Trump kerap mencela Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, yang dinilainya terlalu sering bermain golf.

Namun, baru tujuh minggu menjabat menjadi Orang Nomor Satu di AS, Trump telah bolak-balik ke lapangan golf sembilan kali.

Keberadaannya di lapangan hijau itu dilaporkan oleh editor NBC Bradd Jaffy. Miliarder properti itu telah bermain golf sebanyak sembilan kali selama ia menjadi presiden.

"Presiden Trump berada di Trump National Golf Club Potomac Falls, Virginia. Ini adalah permainan ke-9 golfnya semenjak ia menghuni Gedung Putih 7 minggu lalu," tulis Jaffy dalam Twitternya seperti dikutip dari Independent, Senin (13/3/2017).

Namun, menurut Gedung Putih, keberadaan Trump di lapangan golf Virginia merupakan bagian dari rapat kerja kabinet.

Di pertemuan itu, kata Gedung Putih, Trump dan tim membahas isu kesehatan, ekonomi, dan keamanan nasional.

Laporan Jaffy didukung oleh foto serupa dari The Hill yang mengatakan, "Trump bermain golf sembilan kali semenjak berada di Washington tujuh minggu lalu."

Namun, kicauan Jaffy dan The Hill dibantah mati-matian oleh Direktur Sosial Media Gedung Putih, Dan Scavino Jr, yang sekaligus mantan caddy Trump.

"Foto Tuan Trump bermain di lapangan golf Jupiter itu kala ia tengah bersama PM Jepang, Shinzo Abe," tulis Scavino.

"Tweet itu memberikan kesan salah atas @POTUS bahwa ia tengah bermain golf. Foto itu saya ambil bulan lalu di Florida. Dia ada di sini, di Gedung Putih, bekerja," lanjutnya lagi.

Juru bicara corong Donald Trump di Gedung Putih, Sean Spicer turut mengecam gambar yang beredar di Twitter dua wartawan itu. Ia menyebut, "menyesatkan dan salah."

Selama masa kampanye dahulu, Trump pernah berjanji ia tak akan bermain golf kalau ia terpilih jadi presiden, karena ia akan menjadi terlalu sibuk.

Sebelum jadi penghuni Gedung Putih, Trump pernah mencela Obama bermain golf.

"Percaya tidak kalian? Dengan segala masalah dan kesulitan yang dihadapi AS, Presiden Obama menghabiskan harinya bermain golf. Ia lebih parah dari pada Carter," kata Trump pada Oktober 2014.

Bulan lalu, sebelum ia disumpah, Trump pernah berkicau di Twitternya, "Yang benar saja, kita belum bisa mengeluarkan marinir kita dari Meksiko. Ia kini masih mendekam di penjara sementara, presiden bermain golf dan membuat keputusan jelek."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.