Sukses

Dukung Usaha Anti-Korupsi, Ribuan Warga Rumania Gelar Unjuk Rasa

Unjuk rasa itu terjadi beberapa minggu setelah demonstrasi besar-besaran pasca-diloloskannya dekret oleh pemerintah pada Januari lalu.

Liputan6.com, Bucharest - Sekitar 2 ribu orang berkumpul di ibu kota Rumania guna mendukung badan anti-korupsi dan memprotes usul pemberian amnesti bagi tahanan yang dituntut karena korupsi.

Para demonstran berkumpul di luar kantor pemerintah di Bucharest pada Minggu sore, 12 Maret 2017. Mereka kemudian berjalan menuju ibu kota sambil melambai-lambaikan bendera Rumania dan meneriakkan kata-kata "mundur", "kami tak akan menyerah", "Anda pencuri!'. Demikian seperti dikutip dari Associated Press, Senin (13/3/2017).

Unjuk rasa itu terjadi beberapa minggu setelah demonstrasi besar-besaran pasca-diloloskannya dekret oleh pemerintah berhaluan kiri-tengah Januari lalu. Pemerintah mendekriminalisasi perilaku buruk para pejabat. Usulan itu kini akan diperdebatkan di parlemen.

Pekan lalu, seorang anggota parlemen dari Partai Sosial Demokrat mengatakan ingin memperkenalkan aturan yang akan memberi amnesti pada orang yang terbukti melakukan korupsi. Perdana Menteri Sorin Grindeanu mengatakan tidak sepakat dengan usul itu.

"Saya tidak mau memecah belah Rumania. Negeri ini tidak boleh terbagi dua," ujar PM Grindeanu.

Unjuk rasa di negeri Eropa Timur tersebut merupakan yang terbesar sejak ambruknya komunisme pada 1989.

Grindeanu mengatakan, ia mendengar dan menyaksikan berbagai pendapat, termasuk yang berasal dari "suara di jalanan". Ia mengatakan bahwa parlemen akan bertukar pendapat tentang peraturan baru terkait korupsi.

Ia menambahkan, Menteri Kehakiman Florin Iordache memikul tanggung jawab untuk komunikasi yang kurang baik dan kebingungan seputar gagasan kontroversial. Hal ini, menurut Grindeanu, memungkinkan para pejabat terpidana korupsi bebas dari penjara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Rumania

Video Terkini