Sukses

Fosil Ikan Purba Berusia 420 Juta Tahun Ditemukan di China

Liputan6.com, Beijing - Fosil ikan purba berusia 420 juta tahun ditemukan oleh peneliti China di kota Qujing, Provinsi Yunnan.

Ikan purba itu dinamakan Sparalepis tingi. Memiliki panjang 20 cm dan memiliki sisik unik seperti baju zirah. Hewan itu hidup di 'Era Ikan' dalam periode Silurian (443 hingga 419 juta tahun lalu). Demikian dikutip dari Xinhua pada Minggu (12/3/2017).

Fosil Ikan Purba Berusia 420 Juta Tahun Ditemukan di China (Xinhua)

Temuan itu dipublikasikan pada Rabu lalu dalam jurnal Plos One. Zhu Min, penulis sekaligus peneliti dari Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology, Chinese Academy of Sciences, mengatakan temuan itu menawarkan bukti fosil baru untuk menjelajahi diversifikasi awal untuk vertebrata berahang dan asal ikan bertulang.

Fosil itu diawetkan dan diartikulasikan spesimen parsial, dan mendukung gagasan bahwa daerah ini di Asia dapat mewakili ledakan awal diversifikasi ikan bertulang.

Adapun kawasan tempat fosil itu ditemukan, diduga memiliki kekayaan mineral yang luar biasa. Menurut peneliti, hal itu membuat kawasan tersebut di masa lalu disukai oleh ikan. Banyak fosil ikan purba ditemukan di daerah tersebut. 

Artikel Selanjutnya
Temuan Mumi 375 Tahun Ungkap Penyakit Hati Tertua di Dunia