Sukses

Aksi Mendebarkan Polisi Lumpuhkan Wanita Pakai Pistol Kejut

Menurut saksi mata, polisi sudah memberi lima kali peringatan kepada wanita si pembawa pisau. Namun peringatan itu tak diindahkan.

Liputan6.com, Sydney - Sejumlah polisi Sydney, Australia, terpaksa melumpuhkan seorang wanita menggunakan pistol kejut berisi sengatan listrik dengan tegangan tertentu, dari perangkat taser mereka. Insiden itu dilakukan di tengah lokasi yang ramai dengan deretan kafe.

Upaya itu bermula saat polisi berulang kali memerintahkan wanita berusia 42 tahun itu untuk menjatuhkan pisau yang dibawanya. Tak kunjung mematuhi perintah petugas, akhirnya pihak berwenang terpaksa melakukan tindakan tersebut pada Minggu 5 Maret 2017 lalu.

Dikutip dari Daily Telegraph pada Sabtu (11/3/2017), pihak kepolisian mengaku mendapat panggilan karena ada wanita yang mengacungkan sebilah pisau di Victoria Street, kawasan Burwood, Sydney, saat jam sibuk sekitar pukul 13.30.

Polisi pun bergegas ke lokasi kejadian.

Dari rekaman video seorang warga di sekitar tempat kejadian, tampak 3 orang polisi perlahan-lahan mendekati si wanita pembawa pisau. Dua di antara petugas lainnya terlihat mengacungkan perangkat taser.

Tak lama kemudian, suara tembakan terdengar. Wanita itu pun terlihat terjatuh ke jalur pejalan kaki.

Menurut petugas keamanan bernama Omar, polisi melakukan tembakan pelumpuh dengan sengatan listrik setelah memberi peringatan beberapa kali kepada si wanita.

"Ketika satu orang polisi mengalihkan perhatian si wanita sambil terus memintanya menjatuhkan senjata, dua orang lagi mengendap-endap tak terlihat dari belakang dengan taser teracung," papar Omar.

"Bisa dibilang peringatan dilakukan sebanyak 5 kali, agar si wanita menjatuhkan senjata. Tapi ia tetap tidak patuh, sehingga polisi di depannya mengisyaratkan dua orang lain untuk bertindak cepat melumpuhkannya memakai taser."

Wanita itu tidak mengalami cedera serius pasca-insiden di luar sebuah kafe tersebut. Kendati demikian ia tetap dibawa ke Concord Hospital untuk pemeriksaan kesehatan jiwa.

Berikut ini detik-detik aksi mendebarkan polisi, saat melumpuhkan si wanita pembawa pisau tersebut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.