Sukses

Ini 6 Fakta Mencengangkan Seychelles

Liputan6.com, Victoria - Jakarta pada awal pekan ini tepatnya 5-7 Maret 2017 menjadi tuan rumah KTT Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA). Pertemuan antar pemimpin negara anggota organisasi tersebut dihadiri setidaknya 16 kepala negara/pemerintahan.

Salah satunya Wakil Presiden Seychelles, Vincent Meriton. Kehadiran orang nomor dua di negara itu menegaskan arti penting IORA bagi Seychelles juga sebaliknya.

Terletak di sebelah timur lepas pantai Benua Afrika dan berada di Samudera Hindia, Seychelles merupakan salah satu 'surga' tersembunyi di dunia.

Negara ini memiliki 115 pulau. Hampir seluruh pulau tersebut dihiasi pantai dan pemandangan yang luar biasa memesona.

Seychelles sudah dikenal luas sebagai salah satu destinasi pariwisata dunia. Selain itu, negara yang masuk dalam salah satu pemilik GDP tertinggi di Afrika ini punya fakta-fakta menarik lain.

Berikut lima fakta mengenai Seychelles yang mungkin belum banyak diketahui seperti dikutip dari Travelling East, Jumat, (10/3/2017):

1 dari 3 halaman

Ibu kota yang 'mungil' hingga James Bond

1. Ibu kota yang 'mungil'

Victoria merupakan pusat pemerintahan di Seychelles. Kota ini ternyata merupakan ibu kota terkecil di seluruh dunia.

Luasnya hanya sebesar 20 kilometer persegi. Populasi warga Victoria pada 2010 tercatat mencapai 26.540 jiwa.

Saking kecilnya ibu kota yang terletak di Pulau Mahe ini, untuk mengelilinginya bisa cukup dengan berjalan kaki kurang lebih setengah hari.

2. Inspirasi penulis novel James Bond

Ian Fleming dikenal luas dengan karya novel James Bond. Seychelles ternyata berperan dalam kesuksesan novel mengenai mata-mata Inggris itu.

Saat berlibur ke Seychelles, Fleming sempat mencoba minuman bir tonik jahe, sehabis merasakan minuman itu tiba-tiba ia terpikir membuat karakter musuh James Bond bernama, Miltin Krest.

3. Sempat jadi pulang kosong

Seychelles dulunya merupakan pulau yang kosong. Sama sekali tidak berpenghuni sama sekali.

Namun pulau sepi ini berubah setelah abad 18 menyusul penemuannya oleh pelaut dari Austronesia dan Maladewa.

2 dari 3 halaman

Kura-kura terbesar hingga Miss World

4. Pulau Konservasi

Dengan wilayahnya yang kecil, Seychelles menerapkan kebijakan yang patut diacungi jempol. Negara ini hanya memiliki sedikit ruang untuk warganya hidup, bekerja, dan bersosialisasi.

Ini karena, pemerintah Seychelles memutuskan setengah dari wilayah negara itu difungsikan sebagai taman nasional dan pusat konservasi.

Pemerintah Seychelles menyebut kebijakan ini merupakan dukungan mereka terhadap perlindungan ekosistem dan juga kebijakan konservasi.

5. Kura-kura terbesar

Seychelles merupakan rumah bagi kura-kura terbesar di dunia yang hidup di alam liar. Hewan dengan jenis Aldabra giant diberi nama Esmeralda.

Berat Esemeralda mencapai 304 kilogram. Ia saat ini berada di Pulau Burung Seychelles.

6. Kontes miss world

Seychelles mulai dikenal luas setelah jadi tuan rumah kontes ratu kecantikan Miss World. Mereka menyelenggarakan kontes tersebut dua tahun berturut-turut dari 1997-1998.

Saat itu karena keindahan luar biasa tempat ini, Seychelles mendapat sorotan positif dari seluruh media yang meliput. Usai kontes ratu kecantikan selesai, pariwisata di Seychelles meningkat tajam dan jadi mesin penggerak utama perekonomian.