Sukses

Teka-teki Danau di Australia Mendadak Berwarna Pink, Kenapa?

Danau air asin di Melbourne, Australia, tiba-tiba berubah warna jadi merah muda.

Liputan6.com, Melbourne - Danau air asin di Melbourne, Australia, tiba-tiba berubah warna jadi merah muda. Masyarakat pun bertanya-tanya, apa gerangan yang membuat perairan itu tiba-tiba berwarna pink mencolok.

Pihak Parks Victoria mengatakan, perubahan warna tersebut dipicu kombinasi sinar matahari, temperatur yang hangat, dan curah hujan yang rendah.

Staf taman margasatwa mengatakan, alga yang tumbuh di kerak garam di dasar danau di Westgate Park menghasilkan pigmen merah.

Orang bertanya-tanya, apa gerangan yang membuat perairan itu tiba-tiba berwarna pink mencolok. (Parks Victoria)

"Nikmati pemandangannya, namun kami mengimbau agar Anda tak menyentuh airnya," demikian pernyataan pihak Parks Victoria, seperti dikutip dari BBC, Kamis (9/3/2017).

Fenomena serupa juga pernah terjadi di Salina de Torrevieja di Spanyol, Danau Dusty Rose di Kanada, dan Danau Retba di Senegal.

Di Australia, pemandangan alamiah seperti itu juga bisa disaksikan di Murray-Sunset National Park Victoria dan Danau Hilier di Australia Barat.

Kepala ilmuwan konservasi Parks Victoria, Dr Mark Norman mengatakan, perubahan warna tersebut disebabkan alga bersel tunggal yang tak berbahaya. Namanya Dunalliela.

"Itu benar-benar alami," kata dia. "Meski banyak yang berkomentar, penampakannya mirip pencemaran industri atau cat merah muda."

Dr Norman mengatakan, meski airnya tak berbahaya, ia tak merekomendasikan untuk berenang di danau pink.

Danau air asin di Melbourne, Australia tiba-tiba berubah warna jadi merah muda (Parks Victoria)

"Airnya terlalu asin dan berlumpur di dasarnya. Saat keluar dari air Anda akan terlihat seperti bola rum beku, terutama ketika tubuh mengering," kata dia,

Parks Victoria mengatakan, air di danau akan berubah jadi biru seperti biasa ketika cuaca mendingin dan curah hujan meninggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.