Sukses

Top 3: Larangan Keluar Negeri Bagi Warga Malaysia di Korea Utara

Liputan6.com, Jakarta - Cerita pembunuhan Kim Jong-nam berbuntut panjang menjadi urusan diplomatik. Larangan keluar Korea Utara bagi warga negara Malaysia di sana menjadi pusat perhatian pembaca Liputan6.com pada Rabu (8/3/2017) pagi.

Selanjutnya, skandal foto telanjang di kalangan Marinir Amerika Serikat juga menyedot perhatian karena dipandang mencoreng kehormatan dan nama baik pasukan tersebut.

Kembali ke perang diplomatik Korea Utara dan Malaysia. Ternyata, pihak Malaysia melakukan penyegelan terhadap Kedutaan Korea Utara di Malaysia dengan alasan perhitungan jumlah orang dalam fasilitas tersebut.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya:

1. Korea Utara Larang WN Malaysia Keluar dari Negaranya, Disandera?

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un saat memimpin peluncuran rudal Pukguksong-2, Minggu (12/2). Kim mengaku puas pada hasil uji coba yang dilakukannya. (AFP PHOTO/KCNA)

Di tengah pertikaian diplomatik yang meruncing terkait pembunuhan Kim Jong-nam, pihak Korea Utara mengeluarkan larangan bagi warga Malaysia untuk keluar dari negaranya.

Kantor berita negara, KCNA memberitakan bahwa larangan itu akan diberlakukan hingga kasus kematian pria yang diyakini sebagai kakak tiri Kim Jong-un itu terselesaikan di Malaysia.

"Semua warga negara Malaysia di DPRK untuk sementara akan dilarang meninggalkan negara ini, hingga insiden yang terjadi di Malaysia terselesaikan dengan baik," demikian pengumuman yang disampaikan kantor berita Korea Central News Agency (KCNA), mengutip Kementerian Luar Negeri Korut.

Selanjutnya...

2. Skandal Penyebaran Foto Telanjang Mengguncang Korps Marinir AS

Ilustrasi anggota Marinir AS (AP)

Departemen Pertahanan Amerika Serikat menginvestigasi laporan yang mengungkap skandal yang melibatkan sejumlah anggota marinir AS. Mereka diduga membagikan foto-foto para koleganya yang sedang berpakaian minim hingga telanjang di Facebook.

Foto-foto tak pantas itu diposting oleh sesama anggota grup Facebook, yang diberi nama Marines United, disertai pesan-pesan vulgar dan sangat agresif.

Grup itu kini telah ditutup. "Itu adalah serangan langsung pada etos dan apa yang telah diwariskan kesatuan kami, kata perwira Korps Marinir AS atau US Marine, Sersan Mayor Ronald Green.

Selanjutnya...

3. Polisi Segel Kedutaan Korea Utara di Malaysia, Pembalasan?

Polisi Malaysia berjaga-jaga di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Korea Utara di Kuala Lumpur, Selasa (7/3). Malaysia menyegel dan menutup gedung Kedubes Korut untuk mencegah seluruh pejabat di kantor itu meninggalkan Negeri Jiran (AP Photo/Vincent Thian)

Ketegangan diplomatik antara Malaysia dan negeri pimpinan Kim Jong-un yang berujung pelarangan warganya keluar dari Korea Utara semakin meningkat. Tak lama setelah ramai diberitakan pencekalan tersebut, polisi Negeri Jiran dilaporkan menutup kedutaan Korea Utara di Kuala Lumpur.

Apakah Malaysia melakukan pembalasan? Hal itu masih dipertanyakan.

Kabar yang beredar menyebutkan bahwa langkah itu dilakukan Malaysia untuk memastikan jumlah pejabat yang berada di dalam kedutaan.

Selanjutnya...

Artikel Selanjutnya
Korsel Gelar Konser K-Pop di Dekat Perbatasan Korut, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
33 Imigran Srilanka Terdampar di Kepuluan Nias Utara