Sukses

Jelang 350 Tahun Pertukaran Manhattan dengan Pulau Run

Liputan6.com, Ambon - Peringatan 350 tahun Perjanjian Breda bakal digelar di Amerika Serikat pada Agustus 2017. Perjanjian ini mengatur soal kesepakatan pertukaran Pulau Run, Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah dengan Manhattan, New York, Amerika Serikat. 

Terkait peringatan itu, Wagub Maluku, Zeth Sahuburua, telah menerima Konsul Ekonomi pada Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York, Winanto Ady, di Ambon, Senin (6/3/2017). Pertemuan tu bertujuan untuk membicarakan peringatan 350 tahun pertukaran Pulau Run dan Pulau Manhattan antara Inggris dan Belanda.

Wagub mengemukakan, Pulau Run berada di Maluku, tepatnya di Kepulauan Banda yang rutin menyelenggarakan lomba perahu belang yang ramai dinikmati wisatawan mancanegara.

"Saya menginginkan peringatan juga di Pulau Run sehingga strategis bagi pengembangan pariwisata kepulauan Banda maupun Maluku secara umum," katanya, dilansir Antara.

Karena itu, Pemprov Maluku siap memanfaatkan peringatan perjanjian Breda yang oleh KJRI New York untuk mempromosikan pesona pariwisata, budaya dan perdagangan.

"Maluku memiliki sejarah utama yang menarik minat bangsa asing melakukan ekspansi adalah rempah-rempah, terutama cengkih dan pala yang kesohor di dunia," ujar Wagub.

Dia mengemukakan, program KJRI New York akan disampaikan kepada Gubernur Maluku Said Assagaff agar memutuskan kebijakan terkait peringatan 350 tahun perjanjian Breda yang kegiatannya di Amerika Serikat sejak April 2017.

"Kami mengharapkan sekali lagi harus ada peringatan 350 tahun perjanjian Breda di Maluku. Entah Ambon-Bandaneira-Pulau Run," kata Wagub.

Winanto Ady mengemukakan, permintaan Wagub Zeth akan disampaikan kepada Konsultan Jenderal agar mengundang Wali Kota New York berkunjung ke daerah ini, terutama Kepulauan Banda.

"Kami siap bekerjasama dengan Pemprov Maluku untuk menyukseskan peringatan 350 tahun perjanjian Breda, sekaligus memanfaatkannya untuk mempromosikan potesi SDA daerah ini di Amerika Serikat," ujarnya.

Winanto memberitahukan bahwa peringatan di New York dijadwalkan pada Agustus 2017. "Saya menawarkan peringatan juga harus diselenggarakan di Ambon sebagai ibu kota Provinsi Maluku. Namun, strategisnya di Pulau Run dengan jadwal Oktober atau November 2017," ujarnya.

Apalagi sejumlah agenda menjelang puncak peringatan digelar di KJRI New York dalam rangka mempromosikan sektor ekonomi Indonesia, termasuk Maluku.

"Promosi film-kopi-pariwisata dan lainnya dengan tagline 'Indonesia Sebagai Kepulauan Penghasil Rempah-Rempah Dunia' yang mengacu kepada sejarah dunia. Maluku bisa mempromosikan tari-tarian maupun budaya di New York," kata Winanto.

Perjanjian Breda merupakan penawaran pertukaran Pulau Run dan Manhattan akibat perebutan sengit dan berdarah antara Vereenigde Oostibdischeb Cinpagnie (VOC) dan sekelompok tentara Inggris pada awal Abad ke-17 yang dipimpin Kapten Nathaniel Courthope.

Dalam kesepakatan itu, Inggris menyerahkan Pulau Run kepada Belanda dan imbalannya Inggris diberikan Manhattan, sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan ujung Sungai Hudson, satu dari lima kota bagian yang membentuk New York.

Artikel Selanjutnya
AirAsia Indonesia Buka Rute Bali-India
Artikel Selanjutnya
Warna-warni Hari Kemerdekaan Berbagai Negara di Dunia