Sukses

Warga Sulut Rasakan Gempa Filipina

Gempa yang mengguncang Filipina sebanyak dua kali turut dirasakan warga Sulawesi Utara di Manado, Sabtu pagi. Gempa dua kali mengguncang Filipina pagi ini.

Liputan6.com, Manado: Warga Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (24/7) pagi, berhamburan keluar rumah dan gedung bertingkat. Ini seiring getaran gempa yang melanda Filipina serta terasa kuat daerah itu selama dua kali sekitar pukul 07.00 WITA. "Getaran gempa sangat terasa sekali di Manado, sehingga kami harus keluar rumah untuk menyelamatkan diri," kata salah satu ibu rumah tangga di Kelurahan Sario Manado, Mouren.

Warga keluar rumah karena panik akibat getaran gempa yang sangat kuat. Selain itu, juga untuk menghindari adanya reruntuhan bangunan atau apapun. "Kami belum tahu lokasi gempa di mana, namun cukup mengkhawatirkan kami yang ada di bangunan bertingkat," kata salah satu petugas kebersihan di salah satu instansi pemerintah di Manado, Raymon.

Dua getaran gempa juga membuat warga yang hendak beraktivitas, seperti para siswa ke sekolah dan sebagainya, sempat tertahan sambil menunggu situasi normal. Sejauh ini, belum ada informasi resmi tentang adanya kerusakan atau korban akibat gempa itu, namun masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti biasanya. 

Sekadar infromasi, gempa susulan berkekuatan 7,3 pada skala Richter Sabtu pagi mengguncang Filipina setelah sebelumnya dengan kekuatan 6,9 skala Richter. Menurut U.S. Geological Survey gempa bersumber 106 kilometer di sebelah barat-daya Cotabato, Mindanao, dengan kedalaman 595 kilometer, kata USGS. Lembaga AS itu mulanya menyatakan gempa susulan tersebut berkekuatan 7,5 pada skala Richter.(BOG/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini