Sukses

Ini 5 Tempat Liburan Favorit Raja Arab Saudi, Indonesia?

Raja Arab Saudi punya beberapa tempat yang kerap dikujungi untuk berlibur.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman Abdulaziz pada Sabtu, 3 Maret 2017 meninggalkan Jakarta. Dia akan menuju Brunei Darussalam untuk melanjutkan lawatan kenegaraanya.

Menariknya, setelah dari Brunei, Raja Salman akan kembali ke Indonesia. Dia dan rombongan menuju Bali.

Tujuannya di Bali bukan untuk bekerja. Di Pulau Dewata, Raja Salman akan menghabiskan waktu berlibur menikmati keindahan alam di sana, 

Raja-raja dari Arab Saudi dikenal sering bepergian keliling dunia untuk plesiran.

Liputan6.com merangkum beberapa tempat yang pernah atau akan dituju keluarga kerajaan Arab Saudi berlibur.

1. Costa Smeralda, Sardinia

Pantai yang terletak di Timur Laut Italia adalah tempat favorit bagi orang-orang kaya dan terkenal seantero dunia.

Saat ini, beberapa properti di kawasan tersebut menjadi milik keluarga kerajaan Saudi. Tidak diketahui siapa saja famili kerajaan yang punya rumah di sana.

Diduga kuat para keluarga kerajaan kerap mengunjungi pantai ini saat musim panas di setiap tahunnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Maroko

Rumah Raja Arab Saudi di Maroko (Foto:Google street view)


Pada 2016, Raja Salman dikabarkan terus mempercantik vilanya di pinggiran Laut Tangier, Maroko.

Dari gambar satelit yang diluncurkan Google Earth Oktober lalu, di vila tersebut, Raja Salman menambahkan dua buah helipad, beberapa bangunan dan sebuah tenda yang bisa dipakai kelompok sirkus ternama untuk menggelar pertunjukan.

Vila tersebut jika dilihat dari darat seluruhnya dikelilingi dinding sepanjang 1.500 meter. Bukan cuma itu, 30 anggota Pasukan Kerajaan Maroko, juga menjaga seluruh sudut bangunan tersebut.

Di balik dinding, fasilitasnya lebih wah lagi. Restoran mewah dan fasilitas kesehatan nomor satu ada di dalam kompleks bangunan.

Selama berkuasa dua tahun ini, Raja Salman sudah mengujungi vila pada musim panas lalu. Ketika itu, 100 mobil mewah dikerahkan untuk menyambut sang raja.

3 dari 5 halaman

3. Bali

Kodam IX Udayana menggelar pasukan pengamanan jelang liburan Raja Salman. Sementara  foto PM Kanada Justin Trudeau ramaikan media sosial.



Dari keterangan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Alshuibi menjelaskan, kunjungan Raja Salman ke Bali sepenuhnya untuk berlibur. Tak ada lagi tujuan lain.

"Untuk menikmati keindahan alam Bali, tidak ada agenda bertemu media. Hanya akan menikmati Bali dan akan menjadi bahan perenungan," ucap Osama di kantor Kedutaan Arab Saudi di Jakarta, Kamis (28/2/2017).

Kunjungan Raja Arab ke Bali sudah direncanakan. Osama menyebut rajanya tersebut sudah mengenal Pulau Dewata yang tersohor dengan pariwisatanya tersebut.

"Bali menjadi pilihan Raja karena memang adalah tujuan wisata yang sangat terkenal di dunia," kata Dubes Arab.

"Keindahan alam, itulah yang menjadi alasan mengapa Bali menjadi destinasi dalam kunjungan ke Indonesia," sebut Osama.

Saat di Bali, pengamanan ketat akan diberlakukan pada Raja Salman dan rombongan kerajaan. Pengetatan tersebut sesuai dengan standar operasional terhadap setiap pemimpin negara yang datang ke Indonesia.

"Kesepakatan antara pihak Arab Saudi dan Indonesia berkaitan dengan kunjungan ini, dari sisi keamanan yang akan mengamankan langsung adalah pihak kepolisian Indonesia, dan Paspampres," tutur dia.

4 dari 5 halaman

4. Maladewa

Sunset Maladewa


Kunjungan Raja Salman ke Indonesia merupakan bagian dari tur enam negara di Asia.

Tur dimulai di Malaysia pada 26 Februari-1 Maret, dilanjut hingga 9 Maret di Indonesia.

Kemudian Raja Salman akan terbang ke Jepang, China, Maladewa dan Yordania.

"... Raja akan Jepang dari 12 sampai 14 Maret," tutur pejabat di negara terkait.

"Raja Salman diperkirakan menghabiskan dua minggu terakhir bulan Maret berlibur di Maladewa," ucap salah seorang diplomat Maladewa.

Koran lokal Maladewa, Mihaaru melaporkan bahwa tiga resort telah disediakan untuk tempat tinggal keluarga kerajaan Arab Saudi. 

5 dari 5 halaman

5. Prancis

Selain mengembalikan kuota haji Indonesia seperti semula, Raja Salman menambah kuota 10 jemaah mulai tahun 2017.



Pada Juni 2015 Raja Salman dikutip dari BBC, merencanakan berlibur di Prancis Selatan. Liburan tersebut dilakukan di pantai Vallauris.

Liburan tersebut  memicu sengketa setelah pemerintah setempat menutup kawasan pantai ini sebagai bagian dari pengamanan untuk Raja Salman.

Pantai tersebut biasanya terbuka untuk umum, namun karena liburan Raja Salman dan rombongannya --yang diperkirakan berjumlah tak kurang dari 400 orang-- pantai ini tidak bisa dimasuki oleh masyarakat.

Pemerintah setempat membela keputusan mereka dengan mengatakan keselamatan raja Saudi sangat penting.

"Ini bukan soal menutup pantai, ini soal mencegah potensi ancaman terhadap raja dari satu negara yang sedang berperang," kata Philippe Castanet, pejabat setempat kepada surat kabar di Nice.

"Kami juga akan menutup pantai kalau ada kunjungan Presiden Prancis," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini