Sukses

Selfie, Vlog Raja Salman di Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Kunjungan ke Indonesia sungguh amat kontras dengan suasana kaku dan fomalitas yang biasanya mewarnai kunjungan Sri Baginda Raja.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kunjungannya ke Indonesia, Raja Salman bin Abdulaziz dari Saudi Arabia beberapa kali melakukan selfie dan ikut serta dalam beberapa foto serta vlog.

Hal tersebut sungguh amat kontras dengan suasana kaku dan formalitas yang biasanya mewarnai kunjungan Sri Baginda Raja ke luar negeri.

Pembawaan yang lebih santai itu, baik di Malaysia dan terutama di Indonesia, menarik perhatian media luar negeri.

Khaleej Times yang dikutip pada Jumat (3/3/2017), misalnya, melaporkan unggahan vlog Presiden Joko Widodo melalui Facebook yang menayangkan dirinya sedang makan malam dengan Raja Salman di Istana Bogor.

Dalam video tersebut, dua pemimpin negara bersahabat memberi komentar tentang kunjungan kali ini, yang merupakan kunjungan pertama kalinya ke Indonesia bagi seorang Raja Arab Saudi selama 47 tahun terakhir.

Selagi Presiden Jokowi memegang perangkat yang diduga telepon genggam berkamera, Sang Raja terlihat sedang menikmati sup dan menggunakan alat santap berwarna keemasan.

Sang Raja kemudian ikut berkomentar dalam bahasa Arab tentang kunjungannya selama 12 hari di Indonesia, suatu rentang waktu terpanjang dalam perjalanan 1 bulan ke Asia.

Raja Salman mengucapkan melalui kamera, "Saya sangat berbahagia bisa di sini, di Indoneisa, bersama dengan rakyat Indonesia." Di belakangnya, seorang penterjemah menterjemahkan pesan itu ke dalam Bahasa Indonesia.

Sang Raja juga difoto bergaya selfie dengan mantan presiden Megawati Sukarnoputri dan putrinya, Puan Maharani, yang juga  anggota kabinet Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, Indonesia memiliki konsentrasi padat pengguna Facebook dan Twitter. Gaya selfie amat lazim dalam media sosial di negara berpenduduk ke-4 terpadat sedunia.

PM Najib selfie dengan Raja Salman. (KSA)

Di awal minggu ini, Raja Salman terlihat berfoto selfie bersama dengan Perdana Menteri Najib Razak dari Malaysia. Negeri itu adalah yang pertama dikunjungi dalam lawatannya ke Asia.

Walaupun jarang, Raja Salman pernah beberapa kali tampil dalam media sosial, termasuk didirnya sedang selfie di Qatar bersama dengan seorang remaja penyintas kanker.

Setelah dari Indonesia, Raja Salman juga direncanakan mengunjungi Brunei, China, Jepang, Maladewa, dan Yordania.

Simak vlog Presiden Jokowi berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.