Sukses

4 Tornado Landa Illinois, 1 Orang Tewas

Bagian dari Midwest Amerika dilanda cuaca buruk pada Selasa 28 Februari 2017 malam.

Liputan6.com, illinois - Bagian Midwest di Amerika dilanda cuaca buruk pada Selasa 28 Februari 2017 malam. Tornado dan badai yang diperkirakan terjadi akan terus berlanjut sampai malam hari.

Di Illinois, beberapa tornado dilaporkan terjadi dari Little Rock ke Chicago, di mana peringatan tornado berlaku sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Beberapa kerusakan yang paling parah dilaporkan terjadi di Ottawa, Illinois, sebelah barat daya Chicago. Peringatan untuk daerah ini menggambarkan tornado mengakibatkan kerusakan yang sangat berbahaya.

Dilansir ABC.go.com, Rabu (1/3/2017), beberapa peringatan tornado juga masih terjadi di dekat Little Rock, Poplar Bluff, Carbondale dan Chicago.

 Gubernur Illinois, Bruce Rauner mengumumkan pada Selasa malam bahwa State Emergency Operations Center di Springfield telah diaktifkan.

Sebuah foto dari Illinois menunjukkan tornado besar terbentuk di lahan pertanian.

Sebuah peringatan Tornado Watch juga dikeluarkan untuk Missouri utara sampai pukul 02.00, dengan hembusan angin yang berpotensi merusak dan hujan es serta tornado. Banjir bandang juga menjadi perhatian seluruh Ohio Valley

Dari Arkansas ke Indiana, ada lebih dari 70 laporan hujan es, beberapa bahkan melaporkan ukurannya sebesar bola.

Setelah empat tornado dilaporkan terjadi dekat Ottawa, Illinois, melansir abc7chicago.com yang mengutip Departemen Pemadam Kebakaran Ottawa, 1 orang dilaporkan tewas akibat cuaca buruk tersebut. Seluruh daerah Chicago berada dalam status Tornado Watch sampai pukul 22.00.

Badai besar menghasilkan hujan es, angin kencang dan kerusakan berat di daerah itu pada Selasa malam.

Suasana Mencekam

Koresponden Liputan6.com yang tinggal di Carbondale melaporkan mendapatkan peringatan adanya tornado pukul 20.15 waktu setempat. 

4 Tornado Landa Illinois, 1 Orang Tewas (Irma Anzia)

"Peringatan itu muncul di televisi, kebetulan tv kami tengah menyala. Tak berapa lama, pembawa acaranya soal prakiraan cuaca memerikan peringatan kepada oran-orang yang berada di jalur tornado," lapor koresponden Liputan6.com

"Kami harus mencari tempat perlindungan. Sembunyi di basement atau bathtub kalau tidak ada  Kalau ada helm yang dipakai untuk melindungi kepala dari reruntuhan," lanjut laporan tersebut. 

Status peringatan di wilayah Carbondale berlangsung hingga pukul 21.45.

Sementara itu, menurut laporan televisi lokal mengutip ahli meteorologi menyebut, "satu tornado boleh lewat dan menghilang, tapi ada kemungkinan bisa muncul lagi yang baru. Selama kondisi cuaca berpotensi ada tornado, status yang warga terima berupa 'tornado watch' dan kalau kelihatan baru status kami tingkatnya menjadi 'warning'".

Mengutip laman berita setempat suasana di kawasan terdampak mencekam. Beberapa bahkan mati lampu. Status Tornado Watch akan berlangsung hingga pukul 04.00 Rabu 1 Maret 2017.

"Para storm chaser atau pengejar badai menyebut besarnya tornado itu hingga beberapa ratus meter," tutup laporan koresponden. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini