Sukses

Pesawat Jatuh Tabrak Rumah di California, 3 Warga Tewas

Pasca pesawat jatuh, blok perumahan warga di Riverside, California itu disterilisasi.

Liputan6.com, California - Sebuah pesawat kecil menabrak area perumahan di Riverside, California, Amerika Serikat. Tiga orang tewas dan dua luka-luka dalam insiden yang terjadi pada Senin 27 Februari 2017 waktu setempat. Demikian disampaikan kepala pemadam kebakaran setempat, Michael Moore.

Sebelumnya, ia mengatakan bahwa jumlah korban tewas adalah empat orang ketika pesawat itu jatuh tak jauh Bandara Municipal Riverside.

Setelah penyelidikan, Moore mengumumkan dalam sebuah konferensi pers Senin malam bahwa jumlah korban tewas dalam kecelakaan pesawat itu hanya tiga orang.

Menurut juru bicara Badan Penerbangan Federal, Ian Gregor seperti dilansir dari CNN, Selasa (28/2/2017), Cessna 310 itu jatuh sekitar setengah mil timur laut dari Bandara Kota Riverside. Kapal terbang itu berangkat dari Riverside menuju San Jose.

"Pesawat mengangkut lima orang di dalamnya. Kondisinya terbelah ketika menabrak dua rumah di Riverside," kata Moore.

"Tidak ada korban di darat atau di dalam rumah," kata kepala pemadam kebakaran seraya menambahkan bahwa mereka akan melakukan pemeriksaan sekunder pada Selasa pagi.

"Dari lima orang di pesawat, tiga meninggal dan dua luka-luka," jelas kepala pemadam kebakaran itu.

Salah satu penumpang dibawa ke Riverside Community Hospital dan lainnya dilarikan ke Arrowhead Regional Medical Center di Colton. "Keduanya perempuan," kata Moore.

Moore mengatakan bahwa mereka menduga bahwa salah satu korban adalah penduduk setempat. Dalam konferensi pers kemudian, ia mengatakan, diduga orang-orang di dalam pesawat terpental keluar ketika kapal terbang itu menabrak rumah warga.

Moore mengatakan, pilot tidak ada dalam daftar korban tewas.

"Orang-orang di pesawat itu berasal dari Southern California, mereka terbang untuk mengikuti perlombaan cheerleader di Disneyland, dan sedang menuju ke San Jose," jelas Moore.

Pasca-kecelakaan pesawat, blok perumahan warga disterlisasi. Penghuni di sekitar 20 rumah diminta menuju penampungan.

Pesawat tersebut memiliki tangki penuh bahan bakar yang bisa menimbulkan kebakaran. Penyidik ​​juga ingin menyelidiki area itu, karena puing-puing berserakan di sana.

"Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 16.41 PT (19.41 ET) pada Central and Streeter avenue," kata Letnan Charles Payne dari Departemen Kepolisian Riverside City.

Riverside berada sekitar 54 mil tenggara dari Los Angeles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.