Sukses

Selain Oscar 2017, Ini 3 Insiden Heboh Salah Sebut Pemenang

Salah sebut pemenang mirip insiden Oscar 2017 ternyata pernah terjadi sebelumnya. Berikut ini di antaranya:

Liputan6.com, Jakarta - Insiden salah sebut pemenang terjadi di ajang penghargaan bergengsi bagi insan film, Oscar 2017. Kejadian itu menjadi momen yang tak terlupakan dalam sejarah dunia hiburan.

Saat itu, Warren Beatty didaulat membacakan pemenang kategori Best Pictures Piala Oscar 2017. Para artis dan sineas yang berkumpul di Dolby Theatre, Los Angeles, AS, Minggu 26 Februari 2017, serta jutaan pasang mata yang menyaksikan lewat tayangan televisi, mendengarnya menyebut La La Land. 

Namun setelah seluruh kru dan pemain naik ke atas panggung, hal mencengangkan terjadi. Seperti dikutip dari VOA News, Senin (27/2/2017), film Moonlight secara mendadak diumumkan sebagai pemenangnya oleh produser La La Land, Jordan Horwitz.

Penonton pun terpaku dibuatnya.

"Ini bukan gurauan, saya khawatir mereka membaca kertas yang salah," ujar sang produser sambil memperlihatkan tulisan 'Moonlight' di atas kertas dari dalam amplop.

Warren Beatty kemudian memegang amplop pengumuman tersebut untuk membuktikannya. Sementara Horwitz secara lapang dada mengajak produser Moonlight untuk naik ke atas panggung.

Alhasil, tim film Moonlight pun berhasil membawa pulang Piala Oscar 2017 kategori Best Picture.

Insiden salah sebut itu bukan pertama kali terjadi. Beberapa kecelakaan seperti demikian juga pernah terjadi pada momen bergengsi lain dan terkenang sepanjang masa.

Berikut ini 3 insiden salah sebut pemenang mirip insiden Oscar 2017 yang Liputan6.com kutip dari BBC, Senin (27/2/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Miss Universe 2015

Final Miss Universe 2015 di Las Vegas, AS, diwarnai kehebohan. Geger terjadi saat pembawa acara salah menyebut pemenang ajang ratu-ratuan itu.

Jutaan penonton yang ada di lokasi, maupun yang menyaksikan secara langsung dari layar televisi dibuat terkejut saat Steve Harvey maju ke panggung, menghentikan selebrasi kemenangan Miss Colombia, Ariadna Gutierrez.

Ariadna Gutierrez mungkin boleh dibilang sebagai Miss Universe dengan masa jabatan terpendek dalam sejarah, hanya satu menit. Sebab, pemenang sesungguhnya adalah Miss Filipina, Pia Alonzo Wurtzbach

"Para hadirin, saya minta maaf," kata Harvey, yang mengaku salah baca kartu. "Juara keduanya adalah Colombia."

Miss Filipina terkejut saat namanya diumumkan sebagai pemenang. Matanya terbelalak sambil menutup mulutnya yang ternganga. Dan tak terkira shock yang dialami Miss Colombia saat mahkota yang sudah ada di kepalanya harus dicopot dan diserahkan pada orang lain.

Miss Universe 2014, Paulina Vega saat menyematkan mahkota ke Miss Filipina, Pia Alonzo Wurtzbach usai dinobatkan sebagai pemenang Miss Universe 2015 di The AXIS Las Vegas, AS, Minggu (20/12). (Ethan Miller/Getty Images/AFP)

Akibat ulah sang pembaca acara kontes, Steve Harvey yang salah sebut, ia pun menjadi bulan-bulanan para netizen di dunia maya.

Namun, Harvey kemudian memberitahu dunia telah melakukan kesalahan besar itu. Ia meminta maaf.

3 dari 4 halaman

2. Mobo Awards

Salah sebut pemenang juga ajang Mobo Awards 2016. Gara-garanya sang pembaca salah membawa amplop.

Juara best song alias lagu terbaik Mobo Awards 2016 diserahkan pada pihak yang keliru.

Grup R&B WSTRN. (MTV.co.uk)

Trio R & B WSTRN hanya merasakan jadi pemenang selama hampir satu jam, sebelum akhirnya terungkap pemenang sesungguhnya adalah MC Abra Cadabra.

Pembawa acara Rickie Williams dan Melvin Odoom mengumumkan kesalahan itu. Mereka menjelaskan bahwa seseorang mengambil amplop yang salah.

4 dari 4 halaman

3. Ajang Top Model Australia

Kontes model Australia juga pernah mengalami hal serupa. Si pembawa acara salah sebut pemenangnya.

"Saya merasa sangat menyesal," kata presenter Australia Next Top Model, Sarah Murdoch kepada pemirsa.

 Amanda Ware pemenang Australian Next Top Model 2010. (Titonews.com.au)

Nama Kelsey Martinovich telah disebut sebagai pemenang Australia Next Top Model 2010. 

Ia sedang memberikan pidato kemenangan saat diinterupsi oleh Sarah Murdoch -- istri Lachlan Murdoch, putra sulung Rupert Murdoch.

Sarah kemudian mengumumkan pemenang sebenarnya dari kontes itu adalah Amanda Ware.

"Hal seperti itu bisa saja terjadi di tengah siaran langsung di televisi," tambah Sarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.