Sukses

Wali Kota Paris Balas Sindiran Donald Trump Pakai Mickey Mouse

Wali Kota Paris Anne Hidalgo membalas sindiran Presiden AS Donald Trump. Presiden Prancis pun tak tinggal diam.

Liputan6.com, Paris - Wali Kota Paris, Prancis Anne Hidalgo tak diam mendengar komentar bernada menyindir yang dilontarkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Ia membalasnya dengan sopan, menggunakan karakter Walt Disney.

Seperti dikutip dari BBC, Minggu (26/2/2017), Hidalgo mengunggah foto dirinya bersama Mickey dan Minnie Mouse, merayakan 'dinamisme semangat keterbukaan" kotanya.

Apa sebenarnya yang diucapkan Donald Trump?

Dalam pidatonya di depan para aktivis kubu konservatif dalam ajang Conservative Political Action Conference, Donald Trump mengutip pernyataan salah satu temannya -- sebut saja namanya Jim -- yang mengaku tak akan pernah membawa keluarganya ke Paris.

"Paris bukan lagi Paris yang dulu," kata dia. "Lihat apa yang terjadi di dunia, Kawan, dan kita harus cerdas...Kita tak akan membiarkan itu terjadi di sini."

Menara besi yang menjadi ikon kota Paris, hingga ikon negara Perancis. Menara ini dibangun di tepi Sungai Seine, Paris.

Ia juga mengkritik cara Eropa menangani terorisme, dan berkoar bahwa Amerika Serikat tak akan mengizinkan serangan yang terjadi baru-baru ini di Benua Biru terjadi di AS.

Pernyataannya itu untuk menjustifikasi kebijakan imigrasinya yang mendapat banyak pertentangan, di luar juga di dalam negeri.

Lebih dari 230 orang tewas dalam serangkaian aksi teror di Prancis sejak 2015 lalu, termasuk pada Januari dan November 2016 di Paris, dan pada Juli 2016 di Nice.

Prancis masih menerapkan status darurat selama lebih dari setahun.

Meski demikian, Wali Kota Paris, Anne Hidalgo menekankan inklusivitas dan energi Paris.

"Kepada @realDonaldTrump dan temannya Jim, di @LaTourEiffel kami merayakan dinamisme dan semangat keterbukaan #Paris bersama Mickey & Minnie," tulis dia dalam akun twitternya, @anne_Hidalgo.

Komentar balasannya dikeluarkan di tengah perayaan 25 tahun Disneyland Paris.

Wali Kota Paris balas sindiran Donald Trump (Twitter)

Wali Kota Paris juga membantah anggapan bahwa jumlah wisatawan dari AS menurun. Ia bahkan mengatakan reservasi naik 30 persen pada tahun 2017.

Sebelumnya, Presiden Prancis Francois Hollande menilai, kritik yang dilontarkan Trump 'bukan hal baik'.

"Bukan hal baik untuk mempertontonkan ketidakpercayaan pada negara yang dianggap sahabat," kata Hollande. "Bukan itu yang ingin saya lakukan kepada negara sahabat dan saya meminta Presiden AS untuk tidak melakukannya pada Prancis."

Merujuk pada UU pengetatan kepemilikan senjata api yang diterapkan di Prancis, Hollande menambahkan, "Tak ada senjata yang beredar bebas di sini. Tak ada orang yang menenteng senjata untuk menembak ke arah kerumunan, hanya untuk memuaskan diri atau ingin menciptakan drama dan tragedi."

Terkait penggunaan senjata. Baru-baru ini seorang insinyur kelahiran India, Srinivas Kuchibhotla tewas tertembak di sebuah Bar di Kansas, Amerika Serikat pada Kamis lalu.

Korban diduga tewas akibat kejahatan yang dilatarbelakangi kebencian (hate crime). Srinivas Kuchibhotla diduga dikira orang Arab. Ada kaitannya dengan kebijakan Donald Trump?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.