Sukses

Kanker Perut Renggut Nyawa Menteri Kesehatan Austria

Menteri Kesehatan dan Perempuan Austria, Sabine Oberhauser meninggal dunia di usia 53 tahun.

Liputan6.com,Wina - Kabar duka datang dari Austria. Menteri Kesehatan dan Perempuan, Sabine Oberhauser meninggal dunia pada usia 53 tahun.

Perempuan tersebut menghembuskan nafas terakhir akibat penyakit kanker perut yang dideritanya.

Pernyataan resmi meninggalnya Obenhauser disampaikan Kanselir Austria Christian Kern. Dia mengatakan sangat berduka atas kepergian pejabat perempuan tersebut.

"Siapa saja yang mengenal Sabine Oberhauser pasti merasa sangat beruntung, kita mengenal dia sebagai perempuan yang memperjuangkan nilai-nilai yang diyakininya," sebut Kern seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (24/2/2017).

Sejak 2014 Oberhauser dikenal sebagai salah satu politikus terkemuka dalam koalisi pemerintahan sosial demokrat-konservatif kristen pimpinan kanselir terdahulu Werner Faymann. Ia diberi jabatan sebagai Menteri Kesehatan dan Perempuan.

Saat pemerintahan berganti ke Christian Kern pada 2016, jabatan tersebut tetap dipercayakan kepadanya.

Dengan latar belakang sebagai tokoh buruh, ia selau lantang dalam memperjuangkan hak perempuan. Pada 2016 saat ia didagnosa terkena kanker, Oberhauser memutuskan tetap melanjutkan tugasnya sebagai menteri.

Pada 15 Febuari 2016 lalu, wanita Austria yang juga bekerja sebagai dokter anak ini menyerahkan tugasnya kepada Menteri Urusan Sosial Aloisu Stoeger.

Penyerahan tugas diberikan karena Menteri Oberhauser harus berkonsenterasi dalam penyembuhan penyakitnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.