Sukses

Bunker Nuklir Disulap Jadi Rumah Mewah, Seperti Apa?

Liputan6.com, London - Sebuah rumah megah di kawasan Chislehurst, tenggara London, dulunya adalah sebuah bunker anti-serangan nuklir dari masa Perang Dingin. Rumah itu memiliki 5 kamar tidur, dengan atap kaca berbentuk huruf A.

Tempat perlindungan itu dibangun pada 1950-an oleh pemerintah Inggris dan dimaksudkan menjadi tempat persembunyian jika terjadi perang nuklir, namun akhirnya tidak pernah digunakan. Sekarang, bangunan itu diubah menjadi sebuah rumah yang dinamai Glass House.

Seeprti dikutip dari The Vintage News pada Jumat (24/2/2017), Regional Control Center adalah salah satu bunker yang dibangun saat mulainya Perang Dingin.

Bunker itu dipenuhi persediaan makanan, pancuran mandi, bahan bakar, dan air minum bagi para pejabat pemerintah dan petinggi lain seandainya mereka perlu mengungsi.

(Sumber JDM Estate Agents)

Kompleks itu juga memiliki pembangkit daya sistem diesel untuk keperluan listrik, sistem saringan udara, dan komunikasi. Setelah cukup lama diabaikan, tanah berhutan dan bangunan di Kemnal Road itu terjual pada 1998 dan diubah menjadi rumah mewah hanya dalam waktu 2 tahun.

Pintu dan jendela dibuat dengan melubangi tembok tebal dan kamar-kamar tidur dibuat mengelilingi sebuah kolam berukuran 7,5 meter x 4 meter. Dapur besarnya diperlengkapi dengan tampilan modern dan meja makan berukuran kecil.

(Sumber JDM Estate Agents)

Kamar mandinya dibuat sangat berbeda dengan warna abu-abu yang menjadi warisan Perang Dingin. Bak mandi dibuat berukuran besar dengan ruang untuk lilin dan segelas wine.

Kemudian ada garasi untuk 3 mobil, ruang permainan, dan pemondokan asisten rumah tangga yang ditambahkan kemudian.

Dengan atap berbentuk atrium, bagian dalam rumah itu bermandikan cahaya matahari dengan lampu-lampu berkendali jauh, jendela, dan gorden. Lalu ada teras kayu dengan meja makan untuk santapan di luar ruang.

Bunker itu memiliki pondasi yang luas dengan tembok-tembok di sekelilingnya. Letaknya pun ada di tengah hutan sehingga cocok untuk mereka yang mencari privasi.

(Sumber JDM Estate Agents)

Kenyataannya, banyak bunker di seluruh dunia yang telah diubah menjadi rumah yang setara dengan mansion berkelas. Karena sangat khusus, seperti dilaporkan Mail Online, properti sejenis ini bisa diiklankan bertahun-tahun sebelum akhirnya mendapatkan pembeli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.