Sukses

Tentara Irlandia Dikerahkan Melawan Invasi Bunga Azalea

Liputan6.com, Dublin - Berwarna merah, kuning, putih, pink, dan ungu -- bunga Azalea atau rhododendron memang cantik. Namun, keberadaannya di Irlandia sungguh merepotkan, tanaman itu bahkan mulai menginvasi dan mengambil alih taman nasional. 

Invasi bunga Azalea diungkapkan di Dail atau Parlemen Irlandia oleh Politisi Michael Healy-Rae.

Ia mengklaim bahwa warga Irlandia telah kalah perang melawan rhododendron yang tumbuh dengan liar di Taman Nasional Killarney. Healy-Rae juga mengatakan, populasi rusa di wilayah tersebut meledak dalam beberapa tahun terakhir.

Pria itu mengklaim, taman nasional telah diabaikan oleh pihak berwenang. Ia pun memohon Menteri Pembangunan Ekonomi Daerah, Michael Rings, untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya dalam melakukan pemeliharaan.

"Invasi rhododendron di Taman Nasional Killarney berubah menjadi sangat buruk, sehingga diperlukan tentara untuk mengatasi situasi tersebut," ujar Healy-Rae seperti dikutip dari BBC, Kamis (23/2/2017).

Rhododendron atau bunga Azalea dapat tumbuh hingga 8 meter jika tidak dirawat dengan baik.

Ia pun mengusulkan debat di parlemen, di mana ia memperingatkan bahwa tanaman itu kini tak bisa dikendalikan, meski ada upaya bertahun-tahun untuk memotongnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Michael Rings mengatakan bahwa penanganan rhododendron merupakan program yang sedang berjalan di taman nasional. Namun ia menyangkal pemerintah telah mengabaikan fasilitas publik.

"Departemen saya telah berinvestasi besar-besaran untuk menanggulangi spesies invasif ini, di mana sulit untuk mengontrolnya, mahal, dan padat karya," ujar Rings.

Ring menambahkan, lebih dari 700.000 euro atau sekitar Rp 9,8 miliar telah dihabiskan untuk membersihkan rhododendron di Taman Nasional Killarney selama enam tahun.

Selain menghadapi pertumbuhan pesat rhododendron, Irlandia juga harus menghadapi meningkatnya populasi rusa. Menurut studi terakhir terkait hal tersebut pada 2008, selama 30 tahun terjadi peningkatan 565 persen untuk rusa merah dan 353 persen untuk rusa sika.

Ring mengatakan, saat ini staf dari departemennya tengah melakukan penyingkiran rusa di Taman Nasional dan diperkirakan selesai pada bulan depan.

Healy-Rae bukanlah orang pertama yang mengeluarkan peringatan atas invasi rhododendron di Irlandia.

Pada 2014, sepasang suami istri yang telah berusia 50-an tahun harus diselamatkan setelah terjebak di hutan rhododendron. Tim penyelamat Irlandia membutuhkan waktu hingga lima jam untuk menemukan pasangan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini