Sukses

Bom Perang Dunia II Seberat 226 Kg Ditemukan di Pelabuhan Inggris

Liputan6.com, Portsmouth - Awak Pelabuhan Portsmouth di Inggris sedang mengeruk lumpur ketika alat keruk yang dikerahkan mengenai benda padat yang ternyata bom dari era Perang Dunia II.

Temuan tersebut didapat pada Rabu, 22 Februari 2017 pagi waktu setempat. Kala itu pelabuhan tengah dalam proses pengembangan yang panjang dan menelan biaya mahal.

Bom asal Jerman itu memiliki berat mencapai 226 kg dengan kandungan bahan peledak hingga 131 kg.

Kapal keruk itu sedang menggali lumpur pelabuhan dan bom tersebut terjebak dalam sekopnya.

Untungnya, pihak berwenang mampu mengevakuasi bom tersebut dengan penuh hati-hati, dari pelabuhan menuju perairan terbuka untuk diledakkan.

"Bom ini masih berbahaya meskipun tua, berusia beberapa dekade, dan berada di bagian bawah dasar laut untuk waktu yang lama," kata Kapten Roger Readwin dari Royal Navy seperti dikutip dari CNN, Kamis (23/2/2017).

Bom SC250 buatan Jerman itu digunakan dalam Perang Dunia II, terutama di London Blitz atau peristiwa pemboman besar-besaran yang dilakukan Jerman atas ibu kota Inggris. 

Bom Diledakkan

Tak lama setelah menemukan bom, kru dengan cepat menutup area pelabuhan. Tim dari Angkatan Laut Inggris menyelam untuk memasang hulu ledak buatan para ahli. Untuk meledakkannya diperlukan perangkat dari jarak jauh.

Bom tersebut kemudian meledak dan menciptakan semburan air garam bercampur asap putih.

Bom dari era Perang Dunia II Jerman diledakkan di laut. (CNN)

Artikel Selanjutnya
10 Bencana Dahsyat yang Terjadi Jika Perang Nuklir Pecah
Artikel Selanjutnya
Reruntuhan Abad ke-3 Mirip Pompeii yang Hancur Ditemukan di Roma