Sukses

Pesawat Jatuh Hantam Mal di Melbourne, 5 Orang Tewas

Liputan6.com, Melbourne - Insiden kecelakaan pesawat yang menghantam Direct Factory Outlet (DFO) -- sebuah pusat perbelanjaan di Essendon Field -- Melbourne menelan korban jiwa. Pihak berwenang Australia menyatakan lima orang meninggal dunia.

"Pada tahap ini... tidak ada korban jiwa selain meraka yang berada di pesawat," kata Asisten Komisaris Polisi Victoria, Stephen Leane seperti dikutip dari BBC, Selasa (21/2/2017).

"Penerbangan charter itu sepertinya mengalami kegagalan mesin saat take-off dari bandara kecil di Essendon Melbourne," imbuhnya.

Bandara Essendon, sebagian besar digunakan oleh pesawat terbang ringan. Letaknya sekitar 13 km di barat laut pusat kota Melbourne.

Saat kejadian, departemen store tersebut dalam keadaan tutup sehingga tak banyak orang di lokasi kejadian.

Pejabat Kepolisian Victoria, Lisa Neville mengatakan lima orang yang berada di dalam pesawat jatuh itu dilaporkan tengah bepergian ke King Island, Tasmania di dekat Selat Bass.

King Island populer karena pantai dan peternakan sapinya. Terletak 245 km selatan dari Melbourne.

"Sepertinya itu menjadi kecelakaan yang sangat tragis...," ucap Neville kepada Australian Broadcasting Corp.

Seorang juru bicara untuk Spotlight -- salah satu toko di kompleks perbelanjaan-- mengatakan pesawat jatuh ke gudang belakang. Sejauh ini semua staf aman.

Ledakan Dahsyat

Biro Keselamatan Transportasi Australia mengatakan akan menyelidiki, bagaimana twin-engine Beechcraft King Air B200 jatuh pada Selasa sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Sementara itu dari rekaman siaran di media lokal, terlihat kobaran api dan asap hitam membumbung tinggi di lokasi pesawat jatuh.

"Aku mengira itu adalah sesuatu yang mengerikan, ada ledakan dahsyat mencapai setinggi 30 meter, menciptakan asap berwarna merah dan hitam," kata saksi mata, Mikey Cahill kepada Herald Sun.

Saksi lain, Daniel Mei mengatakan, ia sedang menunggu pusat perbelanjaan dibuka ketika tiba-tiba ada pesawat jatuh.

"Ada ledakan berawarna oranye kemudian timbul asap hitam," kata Mei kepada The Age. "Kru darurat bergegas ke lokasi itu, dan tak lama kemudian aku meninggalkan area tersebut."

Polisi mengatakan mereka sudah mensterilisasi lokasi kecelakaan pesawat. Jalan bebas hambatan di dekatnya pun ditutup di kedua arahnya untuk sementara waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini