Sukses

Tarik Turis, Warga di Pedalaman Australia Gelar Balapan Domba

Kejuaraan balapan domba itu menambahkan keunikan dari sebuah perayaan kehidupan pedesaan di Australia.

Liputan6.com, Hobart - Menggelar balapan domba adalah cara unik untuk menarik turis yang dilakukan sebuah kota pedalaman, sekitar satu jam perjalanan menyetir dari Hobart, Tasmania, Australia.

Kejuaraan yang diberi nama Kempton Festival's Sheep Racing itu menambahkan keunikan dari sebuah perayaan kehidupan pedesaan di Australia.

Ini bukan saja satu-satunya balapan domba atau kambing di Australia, tetapi menurut Edwin Batt menjadi balapan domba terbaik. Edwin adalah salah satu yang terlibat dalam balapan ini.

"Ada beberapa balapan palsu di kawasan lain, tapi mereka tidak memiliki jenis turunan yang sama. Mereka tidak memiliki pelatihan yang sama dan tidak secepat ini," kata Edwin seperti dikutip dari Australia Plus, Selasa (20/2/2017).

Kota kecil Kempton, awalnya disebut Green Ponds, didirikan sebagai pemukiman kolonial di awal 1800-an. Dulunya, kota ini menjadi tempat peristirahatan bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan, khususnya dengan kereta kuda.

Sekarang ini, kota pedalaman ini bisa dilewati dengan jalan tol Midland Highway.

Penyelenggara acara, John Hay mengatakan, Kempton Festival adalah acara tahunan yang sudah dimulai 20 tahun lalu, dengan harapan mendorong wisatawan untuk mengunjungi kota bersejarah ini.

"Kami pikir sudah waktunya kita merayakan sejarah dan apa yang terjadi di desa tua ini. Ternyata berjalan. Saya sudah tinggal di sini sekitar 10 tahun dan saat itu lalu lintas melalui kota sangat meningkat," ucap Hay.

Mereka yang tinggal dan bekerja di Kempton menikmati kesempatan untuk berkumpul dan menunjukkan kepada orang kota, seperti apa kehidupan pedesaan itu.

"Oh, festival ini membuat orang lokal berkumpul dan menunjukkan kota kepada orang lain," kata salah satu warga.

Berikut rekaman saat balapan domba itu digelar:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.