Sukses

Hebat, Tukang Sapu di China Ini Mampu Menyekolahkan 37 Anak

Meski bergaji pas-pasan, Zhao Yongju tak mengabaikan orang-orang di sekitarnya yang membutuhkan bantuan.

Liputan6.com, Shenyang - Seorang tukang sapu jalanan dari Shenyang, telah memukau warga China dengan kemurahan hatinya yang luar biasa.

Pria tersebut, Zhao Yongju, bekerja untuk dua pekerjaan kebersihan. Setiap pagi ia meninggalkan rumahnya pada pukul 4.30 dan pulang saat jarum jam menunjuk ke pukul 21.00.

Untuk kerja kerasnya, pria berusia 56 tahun itu menghasilkan sekitar 2.400 yuan atau sekitar Rp 4,6 juta per bulan. Meski dengan gajinya ia hanya dapat hidup pas-pasan, Zhao berhasil membuat kontribusi besar dan berkelanjutan.

Menurut laporan Beijing Youth Daily, selama 30 tahun terakhir ia telah menyumbangkan 170.000 yuan atau sekitar Rp 330 juta dan membantu menyekolahkan 37 anak-anak kurang beruntung.

Untuk memastikan bahwa gajinya cukup untuk menyekolahkan anak-anak tersebut, ia menjual satu-satunya properti miliknya dan menyewa sebuah ruangan kecil di kota dengan harga 600 yuan atau sekitar Rp 1,1 juta per bulan.

Bagi Zhao, itu merupakan caranya untuk membalas kembali apa yang pernah diterimanya.

Setelah ayahnya meninggal pada 1976, Zhao dan ibunya berjuang sendiri untuk dapat bertahan hidup. Namun mereka dapat melalui hal tersebut dan berterima kasih terhadap kebaikan tetangga dan kawan-kawannya.

Atas hal itu, Zhao berjanji tak melupakan kebaikan mereka. Ia pun membaktikan hidupnya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Dikutip dari Shanghaiist, Senin (20/2/2017), kisah tersebut telah membuat banyak netizen China tak sanggup menahan air mata.

"Jika banyak orang seperti tukang sapu jalanan tua ini, dunia akan menjadi tempat yang lebih baik," tulis salah satu netizen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.