Sukses

Badai Terkuat dalam 6 Tahun Akan Terjang California

Akibat embusan angin yang cukup kencang, ratusan penerbangan masuk dan keluar dari California dibatalkan atau ditunda untuk sementara.

Liputan6.com, California - Salah satu badai terkuat dalam beberapa dekade yang dijuluki bombogenesis, diperkirakan akan melanda California akhir pekan ini. Kondisi tersebut memicu kekhawatiran akan terjadi banjir bandang.

Pola badai ini akan mengakibatkan hujan deras dari Los Angeles ke San Francisco, dipicu oleh "sungai atmosfer" yang membentang hingga ke Pasifik.

Seperti dilansir dari BBC, Sabtu (18/2/2017), prediksi curah hujan akibat badai tersebut berkisar dari 2- 6 inci atau sekitar 5-15 cm di pantai. Sementara di kaki bukit dan pesisir pegunungan mencapai 5-10 inci atau 12-25 cm.

Setelah lima tahun kekeringan, serangkaian badai telah mengisi waduk di California. Ditambah dengan limpasan salju cair dari pegunungan Sierra Nevada, yang belakangan sarat dengan salju.

Air dari pegunungan itu memasok sekitar sepertiga persediaan air negara.

Badan meteorologi setempat menggambarkan bombogenesis sebagai siklon intens ekstratropis di daerah tekanan rendah atau "bom cuaca".

"Badai itu terlihat menjadi badai terkuat yang pernah melanda barat daya California musim ini," kata National Weather Service.

"Sangat mungkin menjadi yang terkuat dalam enam tahun terakhir, bahkan mungkin pada Desember 2004 atau Januari 1995."

Saat ini embusan angin mencapai 87 mph (140 km per jam) dilaporkan terjadi di jalan raya pantai yang indah, Big Sur.

Ryan Maue, ahli meteorologi untuk WeatherBell Analytics, mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa 10 triliun galon air hujan akan mengguyur California pada pekan depan. Kondisi itu cukup untuk memberikan tenaga bagi Niagara Falls selama 154 hari.

Akibat embusan angin yang cukup kencang, ratusan penerbangan masuk dan keluar dari California dibatalkan atau ditunda untuk sementara waktu.

Para penghuni ratusan rumah di Kota Duarte, di kaki bukit Pegunungan San Gabriel di timur Los Angeles, dan Camarillo Springs di Ventura County pun diimbau untuk meninggalkan daerah tersebut untuk sementara.

Badai diperkirakan tidak akan membawa hujan besar ke arah utara California, wilayah bendungan Danau Oroville yang beberapa waktu lalu rusak dan memicu perintah evakuasi 188.000 orang pada akhir pekan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini