Sukses

Heboh Capres Prancis Ingin Tiru Donald Trump Bangun Tembok

Le Pen dilaporkan akan membangun tembok di sekeliling Prancis dan akan memaksa Aljazair untuk menanggung biayanya. Benarkah?

Liputan6.com, Paris - Di tingkat global, penyebaran berita sensitif bisa berdampak berbeda di telinga pihak lain yang menerimanya seperti yang baru-baru ini terjadi di Aljazair.

Para pembaca harian El Hayat di Aljazair tercengang membaca berita pada Selasa pagi. Di halaman depan terpampang Marine Le Pen, politisi Prancis yang juga pemimpin Front Nasional. Sosoknya dikenal anti imigran.

Le Pen dilaporkan akan membangun tembok sekeliling Prancis dan akan memaksa Aljazair untuk menanggung biayanya.

Ternyata, sumber beritanya adalah situs guyonan Prancis, Le Gorafi, yang memang mengkhususkan diri membuat plesetan-plesetan berita utama menjadi bahan lelucon.

Dikutip dari The Local pada Jumat (17/2/2017), tulisan guyonan itu menjadi berdampak ketika dikaitkan dengan rencana Presiden Donald Trump untuk membangun tembok perbatasan dengan dibayari oleh Meksiko.

Sementara itu, Marine Le Pen sendiri diketahui berniat menerapkan kebijakan anti-imigran di Prancis. Di awal bulan ini, ia melontarkan sejumlah rencananya jika menjadi presiden termasuk sumpahnya untuk menegaskan perbatasan Prancis.

Merasa gembira dengan guyonannya sendiri, Le Gorafi bahkan kemudian mengumbar guyonan berikutnya, yakni dengan mengatakan telah membeli harian El Hayat sebagai bagian dari strategi global media tersebut.

Le Pen dilaporkan akan membangun tembok sekeliling Prancis dan akan memaksa Aljazair untuk menanggung biayanya. (Sumber Le Gorafi)

Ini bukan pertama kalinya Le Gorafi melontarkan guyonan yang disambar oleh media asing.

Pada 2013, suatu laporan Le Gorafi mengatakan bahwa kebanyakan kaum pria Prancis menduga 'clitoris' adalah salah satu model mobil keluaran Toyota. Ternyata, beberapa media Italia menyambar pancingan itu.

Setidaknya ada 6 harian berita Italia yang bergegas melaporkan "temuan" survei yang diadakan oleh TNS-Sofres sebagaimana yang disebutkan oleh Le Gorafi.

Bahkan, ANSA, kantor berita besar Italia, melaporkan "89 persen kaum pria Prancis bingung membedakan 'clitoride' dan sebuah mobil keluaran Toyota Jepang".

Kata 'clitoride' adalah 'clitoris' dalam bahasa Prancis. Mobil Toyota yang dimaksud adalah Toyota Yaris. Menurut situs ANSA, "Mungkin rancu dengan Toyota Yaris."

Jika disimak, nama Le Gorafi sendiri merupakan plesetan dari nama harian sungguhan Prancis, yaitu Le Figaro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.