Sukses

Top 3: Identitas Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam

Liputan6.com, Jakarta - Kisah pembunuhan Kim Jong-nam, kakak dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, terus menyedot perhatian pembaca Liputan6.com pada Jumat (17/2/2017) sore. Pihak Kementerian Luar Negeri mengaku sudah mengetahui identitas tersangka.

Kemudian, kisah pemenjaraan WNI tersangka pembunuh Kim Jong-nam juga menyita perhatian. Lalu, ditutup dengan sejumlah pembunuhan di berbagai tempat dunia yang diduga diperintahkan oleh penguasa Korea Utara.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya:

1. Kemlu Kantongi Identitas WNI Terduga Pembunuh Kakak Kim Jong-un

Layar TV meenunjukkan gambar kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-un, Kim Jong-nam, di sebuah toko elektronok Seoul, Korea Selatan, Rabu (15/2). Kim Jong-nam dilaporkan tewas setelah tubuhnya ditusuk menggunakan jarum beracun. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Indonesia terus mengamati dugaan terlibatnya seorang WNI dalam pembunuhan kakak pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.

Sebuah tim yang bertugas untuk memberikan pendampingan terhadap WNI yang bersangkutan pun sudah diberangkatkan ke Malaysia.

Dijelaskan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Lalu Muhamad Iqbal, semua data-data mengenai terduga pelaku telah didapatkan.

Selanjutnya...

2. WNI Terduga Pembunuh Kakak Kim Jong-un Dipenjara di Selangor

Rekaman CCTV yang dirilis pada Rabu (15/2), salah satu wanita yang diduga mata-mata Korea Utara (Korut) pembunuh kakak tiri Kim Jong-un, Kim Jong-nam, mengenakan atasan lengan panjang putih di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia. (Star TV via AP)

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhamad Iqbal mengatakan, timnya sudah menuju Malaysia untuk memberikan pendampingan hukum terhadap WNI yang diduga membunuh Kim Jong-nam, kakak dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Menurut Lalu, pendampingan hukum merupakan hak semua WNI yang tersandung masalah hukum di luar negeri. Kebijakan itu berlaku bagi seluruh warga Indonesia tanpa terkecuali.

Selanjutnya...

3. Kematian Kim Jong-nam dan 7 Daftar Pembunuhan oleh Korut di LN

Kematian Kim Jong-nam dan 7 Daftar Pembunuhan oleh Korut di LN (AFP)

Kematian Kim Jong-nam, kakak Kim Jong-un mengejutkan publik. Apalagi, ia tewas di Bandara Internasional Kuala Lumpur kala menuju ke Makau tempat ia tinggal di pengasingannya.

Yang lebih dramatis, ia diduga tewas diracun oleh dua orang perempuan. Salah satu terduga pembunuhnya adalah Siti Aishah WNI asal Serang, Jawa Barat.

Menurut otoritas Malaysia, sebelum tewas, Kim Jong-nam sempat mengatakan kepada tim medis ia diserang oleh semprotan kimia beracun.

Selanjutnya...