Sukses

Zealandia, Benua Baru yang Terletak di Samping Australia

Menurut ilmuwan, Selandia Baru berada di atas sebuah benua baru berukuran besar yang disebut Zealandia.

Liputan6.com, Wellington - Selandia Baru mungkin hanya dilihat sebagai negara kecil yang terletak di dekat Australia. Namun menurut The Geological Society of America, Negeri Kiwi itu ternyata berada di atas sebuah benua baru berukuran besar yang disebut Zealandia.

Menurut peneliti, Zealandia merupakan benua seluas 4,6 juta kilometer persegi. Selain Selandia Baru, benua baru itu juga meliputi Kaledonia Baru, beberapa teritori, dan kepulauan.

Ide soal adanya benua baru itu sebenarnya telah ada sejak beberapa tahun lalu. Ahli geofisika Bruce Luyendyk menciptakan istilah Zealandia pada 1995.

Dikutip dari CNN, Jumat (17/2/2017), studi selama 10 tahun yang dilakukan khusus untuk wilayah tersebut telah menentukan bahwa area itu bukan hanya kelompok kepulauan benua dan fragmen.

Setelah dilakukan penelitian, potongan-potongan itu merupakan lempengan kerak benua besar dan cukup untuk terpisah sebagai benua sendiri.

Sebelumnya, Selandia Baru dan Kaledonia Baru dikelompokkan dengan Australia yang disebut dengan Australasia.

Meski kebanyakan orang menyebut bahwa Zealandia adalah benua ke delapan, ahli geologi sering menyebut Eropa dan Asia sebagai satu kesatuan yang disebut Eurasia.

Hal itu membuat belum jelas kedudukan benua baru Zealandia, apakah berada di posisi ke tujuh atau delapan.

Publikasi oleh The Geological Society of America itu muncul setelah para ilmuwan menemukan sebuah "benua yang hilang" di bawah Samudra Hindia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini