Sukses

Akun Facebook Penyebab Terbunuhnya Kakak Kim Jong-un?

Dalam akun Facebook tersebut, Jong-nam menggunakan nama samaran sebagai Kim Chol.

Liputan6.com, Pyonyang - Sebuah akun lama Facebook diduga milik kakak dari Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam ditemukan. Pria tersebut tewas dibunuh di Malaysia pada 13 Februari 2017. 

Dalam akun Facebook tersebut Jong-nam menggunakan nama samaran sebagai Kim Chol. NK News yang berfokus pada berita Korea Utara, melaporkan bahwa akun Facebook milik "Kim Chol" ini berisi foto-foto Kim Jong-nam di Makau, China.

NK News mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengonfirmasi bahwa akun Facebook itu benar millik Kim Jong-nam. 

Sementara akun tersebut tidak dapat ditemukan melalui fungsi pencarian Facebook, NK News melampirkan screenshot dari halaman yang menggambarkan beberapa foto-foto Jong Nam di Makau. Dalam pengasingannya, Kim Jong-nam diketahui tinggal di Makau.

Kegiatan Jong-nam pada halaman Facebook tersebut, menunjukkan bahwa ia tidak berusaha untuk menyembunyikan diri dari pandangan publik serta tidak bisa berjauhan dengan media sosial. Hal ini dilakukan Jong-nam ketika ia dalam kondisi yang sedang dihantui dan diincar.

Menurut mantan Sekretaris Intelijen Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak, Cha Du-hyeogn mengatakan bahwa Jong-nam diketahui telah menggunakan alamat e-mail komersial untuk berkomunikasi.

"Aktifitas terbuka seperti ini, tidak memperlihatkan bahwa ia seperti orang yang sedang berada di bawah ancaman kematian," kata Cha Du Hyeogn.

"Saya pikir ini sangat memungkinkan bahwa Kim Jong-nam ceroboh, menyebabkan kematian yang tidak ia curigai," tambah Cha.

Dalam salah satu foto yang diposting Jong Nam pada halaman Facebooknya pada Oktober 2008, Jong Nam terlihat berdiri di sebuah kapal pesiar dengan seorang pria Kaukasian yang tidak diketahui namanya. 

Pada 4 Maret 2013, ia berkomentar pada postingan ini, dan mengatakan "Saya merindukan Eropa!"

"Tempat yang bagus!" tulis Jong-nam di foto lain yang diunggah pada 2010, di mana ia berdiri di depan hotel bintang lima, Wynn Macau.

Gambar profil pada akun Facebook Kim Chol bukan foto Jong Nam, melainkan seekor tupai. Terlihat juga aktivitas terbarunya di November 2015, ketika ia mengatur gambar profil sementara yaitu bendera Prancis yang menunjukan solidaritas untuk para korban serangan di Paris.

Tersedia informasi lain yang pada halaman profil Jong Nam termasuk latar belakang pendidikannya, yang menyatakan bahwa ia belajar di Sekolah Internasional Jenewa dan di Lycée français de Moscou (Alexandre Dumas Sekolah Perancis di Moskow).

Sebelumnya Jong Nam dilaporkan telah menghabiskan sebagian besar masa mudanya di dua sekolah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini