Sukses

8 Aktor Terkenal Hollywood yang Tak Pernah Dapat Oscar

Walaupun dengan tampilan hebat dan luar biasa sehingga kemudian mendapat nominasi, ada beberapa aktor hebat yang terus luput meraih Oscar.

Liputan6.com, Jakarta - Academy Awards atau Piala Oscar menjadi penghargaan paling terhormat bagi siapapun yang bekerja dalam industri perfilman.

Tapi, walaupun dengan tampilan hebat dan luar biasa sehingga kemudian mendapat nominasi, ada beberapa aktor hebat yang terus luput meraih penghargaan itu.

Disarikan dari Wonderslist.com pada Selasa (15/2/2017), berikut ini adalah beberapa aktor hebat Hollywood yang sekedar nyaris, tapi tidak pernah mendapatkan Oscar untuk akting mereka:

1. Robert Downey Jr.

Robert Downey Jr. adalah seorang aktor kelahiran Amerika

Robert Downey Jr. paling dikenal lewat perannya sebagai Iron Man keluaran Marvel Cinematic Universe. Sejak dari awal, ia sudah menarik perhatian para kritikus karena kemampuannya.

Ia berperan sebagai "Charlie Chaplin" dalam film "Chaplin" keluaran 1992 yang mengejutkan para penggemarnya. Bukan hanya berperan amat baik, ia juga menerima nominasi pertama Oscar dari situ.

Tapi karirnya kemudian merosot karena keterlibatan dengan narkoba dan baru kembali dalam film "Kiss Kiss Bang Bang" and "Iron Man".

Pada 2008, kemampuan aktingnya kembali menarik perhatian Academy melalui peran dalam "Tropic Thunder" yang mengundang nominasi untuk Best Actor, walaupun ia luput lagi.

2. Tom Cruise

Aktor Hollywood Tom Cruise.

Tom Cruise tentunya salah satu aktor Hollywood paling terkenal sedunia, walau belum sebanding dengan Marlon Brando atau Robert De Niro dalam kemampuan aktingnya.

Ia lebih sebagai seseorang yang bertindak dan melakukan kebanyakan peran bahaya, sehingga cocok sekali dengan "Mission Impossible".

Tapi ia juga membuktikan diri sebagai aktor dengan kemampuan laga yang matang. Academy memberi 3 kali nominasi untuk kategori Best Actor, tapi meleset semua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pirates of the Caribbean

3. Edward Norton

Edward Norton (Source: the-talks.com)

Edward Norton adalah salah satu orang yang terlahir untuk menjadi aktor. Ia mendapat pujian dalam hampir semua perannya. Academy memberi nominasi untuk peran dalam "Primal Fear" (1996), "American History X" (1998), dan "Birdman" (2014).

Ia adalah aktor hebat yang pantas meraih Oscar, walaupun belum pernah meraihnya.

4. Will Smith

Will Smith adalah aktor, produser, dan rapper berkebangsaan Amerika Serikat

Tak diragukan lagi, Will Smith adalah salah satu aktor paling populer di Hollywood sekaligus salah satu yang paling kaya dan salah satu yang terbaik.

Ia sudah berperan dalam lebih dari 20 film Hollywood tapi ada 2 film yang menarik perhatian Academy, yaitu perannya sebagai Muhammad Ali dalam film "Ali" (2001) dan sebagai pialang saham Chris Gardner dalam "Pursuit of Happyness" (2006).

Ia menerima nominasi untuk Best Actor, tapi tidak sampai meraihnya.

5. Johnny Depp

Johnny Depp (foto: Vogue)

Depp paling dikenal melalui peran dalam beberapa kisah "Pirates of the Caribbean" sebagai Jack Sparrow. Ia sangat diakui dan menjadi aktor yang sukses.

Depp mendapat nominasi berbagai penghargaan, termasuk Academy Award untuk Best Actor. Paling anyar, tampilan dalam Black Mass membuktikan bahwa pada usia 53 pun ia bisa unjuk gigi untuk menjajal Oscar.

3 dari 3 halaman

Ganteng, Tapi Tanpa Oscar

6. Brad Pitt

Status lajang barunya, bikin Brad Pitt jadi incaran wanita, salah satunya adalah Britney Spears.

Brad Pitt pernah disebut sebagai orang paling berpengaruh dan digdaya dalam industri hiburan Amerika, sekaligus sebagai salah satu pria terganteng.

Selain semua itu, ia adalah aktor yang hebat dan 2 kali menerima nominasi Best Actor dan sekali nominasi Best Supporting Actor.

7. Gary Oldman

Tidak banyak aktor di dunia yang telah melakukan begitu beragamnya peran daripada pria yang satu ini. Ada puluhan film yang diperankannya sehingga layak mendapat Oscar.

Anehnya, aktor Inggris berusia 58 tahun itu hanya pernah mendapat sekali nominasi, yaitu untuk Best Actor. Dugaan alasannya adalah karena kepribadiannya yang kontroversial dan ketidaksukaan kepada jenis Award seperti itu.

8. Peter O'Toole

Peter O'Toole dan Omar Sharif di film 'Lawrence of Arabia' foto: the guardian

Aktor aliran Shakespearean itu menjadi pemegang rekor terbanyak nominasi Academy Award untuk kategori Best Actor tanpa pernah menang.

Ia mendapat perhatian internasional lewat film "Lawrence of Arabia" (1962) yang memberinya nominasi Academy Award untuk Best Actor, setelah ia menerima 7 nominasi lain, tapi tidak pernah menang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.