Sukses

Sebut 'Black Friends' Saat Puji Beyonce, Adele Tuai Kontroversi

Kalimat yang digunakan Adele "teman-teman hitam" yang meluncur dari bibir penyanyi kulit putih jelas menimbulkan potensi 'kemarahan'.

Liputan6.com, Los Angeles - Dalam pergelaran Grammy Award 2017, penyanyi Inggris Adele berniat membagi kebahagiaannya dengan sesama rekan artisnya, Beyonce.

Setelah meraih nyaris seluruh penghargaan bagi lagu dan album "Hello" dan album tahun ini "25", Adele mengatakan, Beyonce lah seharusnya artis yang menerima penghargaan itu.

"Artis pujaan hatiku adalah Beyonce," kata Adele seperti dikutip dari CNN, Senin (13/2/2017).

"Dan album untukku, 'Lemonade' album adalah sangat monumental bagiku," lanjut Adele di Staples Center tempat digelar ajang bergengsi insan musik itu. 

"Sangat monumental, sangat dalam, sangat indah dan berjiwa, kita melihat sisi lain yang tak pernah kita lihat dan kita menghargainya," ujar Adele di atas panggung kepada Beyonce yang tengah duduk di antara audiens.

"Kamu cahaya kami. Kamu membuat aku dan teman-teman merasa... cara kamu membuat teman-teman kulit hitamku (black friends) terpecut," lanjut Adele.

"Kamu sudah membuat mereka berbicara untuk diri mereka sendiri, aku mencintaimu, dan selalu mencintaimu," ujar Adele.

Kalimat yang digunakan Adele "teman-teman hitam" yang meluncur dari bibir penyanyi kulit putih jelas menimbulkan potensi 'kemarahan'.

Komentar Adele itu lantas ditanggapi negatif oleh pengguna media sosial Twitter.

"Adele nyaris sempurna, hingga ia menyebut teman-teman hitamku," kata akun @DMJreports.

"Adele sebut teman hitam membuatku sedikit kaget," kata akun @PhilipLewis.

Meski demikian pengguna bernama SlyPayne, yang foto akunnya menunjuk ke sosok pria berkulit gelap mengatakan, "Tak ada masalah dengan apa yang Adele katakan tentang teman hitamnya. Buat saya itu kenyataan dan penting."

Akun Taemo juga menulis, "album Lemonade memang buat perempuan kulit hitam, tak ada masalah bukan?"

Komentar Adele juga membuat Beyonce menangis. Ia terlihat membalas "I love you" kepada Adele.

la dari ajang musik prestisius ini telah dibagikan pada para pemenang, termasuk Adele, yang panen penghargaan dalam pelaksanaan Grammy Awards 2017.

Tahun ini Adele membawa pulang lima piala berbentuk gramofon tersebut. Tiga di antaranya berasal dari kategori paling prestisius yakni Album of the Year, Song of The Year dan Record of The Year. Ia mengungguli saingan beratnya dalam kategori ini, yakni Beyonce.

Setidaknya, Beyonce berhasil membawa pulang dua piala Grammy Awards, dalam kategori Best Urban Contemporary Album dan Best Music Video.

Almarhum David Bowie yang meninggal pada 10 Januari tahun lalu pun mendapat empat piala Grammy lewat album terakhirnya, Blackstar, yang rilis akhir tahun lalu.

Albume Beyonce yang dirilis pada tahun lalu memang sudah mengandung kontroversi. Video single "Formation" memperlihatkan gerakan yang mirip "BlackLivesMatters Movement". Saat tampil di Super Bowl, Beyonce menggunakan kostum hitam bagi penari-penarinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.