Sukses

Kirim Menteri ke Jakarta, Belanda Intensifkan MoU Pendidikan

Menteri Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda menyambangi Indonesia untuk mengintesifikasi MoU yang disepakati tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda Mariëtte Bussemaker melakukan kunjungan resmi ke Indonesia. Di Tanah Air, perempuan yang kerap disapa Jet ini menghadiri sejumlah kegiatan penting.

Di antaranya, menemui secara terpisah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Riset dan Teknologi  Mohamad Nasir serta meresmikan Gedung Pusat Pelatihan Erasmus.

Menurut Jet, bagi negaranya Indonesia merupakan mitra penting negaranya di bidang pendidikan. Hal itu menjadi faktor pendorong kunjungan dirinya ke Tanah Air.

"Tujuan saya untuk mengintensifikasi kerjasama di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan," ucap Jet di saat bertemu beberapa media di Kantor Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, Senin (13/2/2017).

Dia menjelaskan, Indonesia dan Belanda sudah menjalin Memorandum of Understanding on Higher Education and Science. Kesepakatan tersebut terjalin ketika Presiden Joko Widodo mengunjungi negara tersebut akhir tahun lalu.

"Kami akan mengimplementasi itu dalam sebuah joint working group," kata Jet.

Di samping mengintensifkan MoU, Jet mengatakan dalam lawatannya ini ia akan mengali fokus kerjasama pendidikan di sektor baru. Yaitu, di bidang vokasional.

"Yang paling penting adalah membangun kerjasama baru di bidang vokasional," jelasnya.

Sektor tersebut sangat penting bagi hubungan pendidikan Indonesia dan Belanda. Sebab, Presiden Joko Widodo menaruh perhatian lebih dalam hal pendidikan vokasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.