Sukses

Gempa 6,7 SR di Filipina Tewaskan 4 Orang dan Robohkan Jembatan

Setidaknya empat orang tewas dan 100 lainnya cedera setelah gempa besar mengguncang Filipina Selatan, Jumat 10 Februari 2017 malam.

Liputan6.com, Surigao - Setidaknya empat orang tewas dan 100 lainnya cedera setelah gempa besar mengguncang Filipina Selatan, Jumat, 10 Februari 2017 malam waktu setempat.

Gempa dengan kekuatan 6,7 Skala Richter mengguncang dekat Kota Surigao di Pulau Mindanao. Lindu juga merusak sejumlah bangunan dan memutuskan aliran listrik ke sejumlah area.

Saat merasakan bumi berguncang, warga cepat-cepat berlari ke area terbuka. Mereka tak berani kembali ke rumah dan menghabiskan malam di taman, di bawah naungan langit.

Badan Survei Geologi AS atau US Geological Survey (USGS) menyebutkan gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Pusatnya berada 13 kilometer timur Surigao.

Meski tergolong besar, gempa tak memicu tsunami, demikian menurut US Pacific Tsunami Warning Center.

Seperti dikutip dari BBC, Sabtu (11/2/2017), pejabat pusat penanganan setempat, Gilbert Gonzales, mengatakan para korban tewas akibat tertimpa puing dan tembok yang roboh.

Sebuah jembatan roboh, satu hotel nyaris rata dengan tanah, sementara pasokan listrik dan air di sejumlah area terputus. Bandara Surigao juga terpaksa ditutup sementara akibat adanya retakan di landasan.

Sejumlah orang korban gempa sedang menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Surigao City, Pulau Mindanao, Filipina (11/2). Gempa tersebut mengakibatkan sedikitnya empat orang tewas dan 120 orang lainnya terluka. (AFP/Erwin Mascarinas)

Sekitar 90 gempa susulan dengan kekuatan lebih kecil tercatat. Namun, lindu-lindu itu tak sampai menyebabkan kerusakan signifikan.

Filipina rentan gempa dan gunung meletus karena letaknya di Cincin Api Pasifik atau Pasific Ring of Fire.

Indonesia Ring of Fire (Wikipedia)

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 6,3 SR mengguncang Pulau Mindanao di selatan Filipina pada hari Sabtu, 24 September 2016.

Gempa tersebut menyebabkan para tamu hotel dan para buruh bangunan melarikan diri dari gedung-gedung di Davao, kampung halaman Presiden Filipina Duterte.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Filipina ialah salah satu negara republik di Asia Tenggara
    Filipina ialah salah satu negara republik di Asia Tenggara

    Filipina